Efektivitas pendistribusian dana zakat, infak, dan sedekah melalui program sosial kemanusiaan di LAZISMU Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arizza, Firda Nur (2022) Efektivitas pendistribusian dana zakat, infak, dan sedekah melalui program sosial kemanusiaan di LAZISMU Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firda Nur Arizza_G05217009.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Efetivitas Pendistribusian Dana Zakat, Infak, Dan Sedekah Melalui Program Sosial Kemanusiaan Di Lazismu Kabupaten Mojokerto” merupakan hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai bagaimana pendistribusian dana zakat, infak, dan sedekah melalui program sosial kemanusiaan di Lazismu Kabupaten Mojoerto dan bagaimana efektivitas pendistribusian dana zakat, infak, dan sedekah melalui program sosial kemanusiaan di Lazismu Kabupaten Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan kepala kantor Lazismu Kabupaten Mojokerto, devisi pendistribusian, devisi keuangan, dan mustahik penerima bantuan program sosial kemanusiaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pendistribusian dana Zakat, Infak, dan Sedekah melalui Program Sosial Kemanusiaan, dalam penyaluran Program tersebut ke golongan dhuafa, janda, lansia yang berupa dalam bentuk penyaluran konsumtif tradisional dimana penyaluran tersebut berupa bantuan kebutuhan konsumsi sehari-hari. Dalam alur pendistribusiannya sendiri mencakup pengajuan, pengumpulan berkas, survei, acc, pencairan dana, monitoring. Sedangkan dalam mengukur keefektivitasan, peneliti menggunakan teori tolak ukur dari Ni Wayan Budiani yang memiliki beberapa vaiabel meliputi ketepat sasaran, sosialisasi program, tujuan program, dan monitoring atau pemantauan. Dari beberapa variabel tersebut peneliti melakukan analisa dalam pendistribusian dana Zakat, Infak, dan Sedekah melalui Program Sosial Kemanusiaan dan hasilnya dapat dikatakan efektif karena sudah memenuhi variabel-variabel yang terdapat dalam teori Ni Wayan Budiani. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka Lazismu Kabupaten Mojokerto disarankan untuk lebih meningkatan lagi dalam monitoring atau pemantauan terhadap para penerima bantuannya agar tidak hanya menerima secara konsumtif saja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arizza, Firda Nurfirdanur575@gmail.comG05217009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDarmawan, Darmawandai.wawan@gmail.com2010048001
Subjects: Zakat
Keywords: zakat; infak; sedekah; program sosial kemanusiaan; Lazismu
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Firda Nur Arizza
Date Deposited: 26 Dec 2022 05:04
Last Modified: 26 Dec 2022 05:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58606

Actions (login required)

View Item View Item