Implementasi akad mudharabah pada produk tabungan zam-zam berhadiah porsi haji: studi kasus Bank Panin Dubai Syariah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmanu, Naufal Zain (2022) Implementasi akad mudharabah pada produk tabungan zam-zam berhadiah porsi haji: studi kasus Bank Panin Dubai Syariah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Naufal Zain Rahmanu_G04218047.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Akad Mudharabah Pada Produk Tabungan Zam-Zam Berhadiah Porsi Haji (Studi Kasus Bank Panin Dubai Syariah Surabaya)” bertujuan untuk menjawah pertanyaan dari rumusan masalah: 1) Bagaimana akad mudharabah pada produk tabungan zam-zam? 2) Bagaimana implementasi prinsip-prinsip syariah pada akad mudharabah tabungan zam-zam? 3) Apakah tabungan berhadiah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah? Penelitian yang ada di skripsi ini menggunakan penelitian lapangan (field research) juga menggunakan deksriptif kualitatif. Teknik pengumpulandata yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang terdapat di dalam skripsi ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder yang penulis dapatkan dari hasil wawancara dengan pihak bank dan 15 nasabah yang sesuai dengan akad mudharabah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) dalam praktik produk tabungan zam-zam di Bank Panin Dubai Syariah Surabaya menggunakan akad mudharabah mutlaqah, dengan nasabah sebagai shahibul mal atau pemilik dana, dan bank bertindak sebahai mudharib atau pengelola dana. Nasabah sebagai shahibul mal akan melakukan setoran rutin sebesar Rp. 150.000.- setiap bulannya yang dilakukan selama 10 tahun. (2) produk tabungan zam-zam yang ada di Bank Panin Dubai Syariah Surabaya secara keseluruhan sudah masuk didalam prinsip-prinsip syariah, walaupun produk tabungan zam-zam tidak bisa masuk ke salah satu pronsip yang ada di prinsip syariah “prinsip keuniversalan”. Karena yang dapat menggunakan produk zam-zam hanya orang muslim sedangkan orang non muslim tidak dapat menggunakan produk tabungan zam-zam. (3) untuk tabungan berhadiah tidak ada unsur praktik risywah (suap), riba, dan lain sebagainya. Dari kesimpulan diatas, penulis harapkan Bank Panin Dubai Syariah Surabaya dapat meningkatkan kualitas dalam produk dan juga dalam pelayanan untuk menarik nasabah agar semakin banyak yang menggunakan produk tabungan haji zam-zam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmanu, Naufal Zainnaufalzainrahmanu@gmail.comG04218047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusfiqoh, Sitimusfiqohzuhroh@yahoo.co.id2013087601
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Mudarabah
Haji
Keywords: mudharabah; tabungan; haji
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: NAUFAL ZAIN RAHMANU
Date Deposited: 04 Jan 2023 05:00
Last Modified: 04 Jan 2023 05:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58752

Actions (login required)

View Item View Item