Peran badan keamanan laut Republik Indonesia dalam diplomasi maritim Indonesia untuk mewujudkan visi poros maritim dunia tahun 2017-2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karisma, Kurnia Finta (2022) Peran badan keamanan laut Republik Indonesia dalam diplomasi maritim Indonesia untuk mewujudkan visi poros maritim dunia tahun 2017-2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kurnia Finta Karisma_I92218084.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk memaparkan bagaimana peran Bakamla RI dalam diplomasi maritim Indonesia untuk mewujudkan visi poros maritim dunia tahun 2017-2021. Sebagaimana yang diketahui poros maritim mempunyai 7 pilar kebijakan berdasarkan Perpres 16 Tahun 2017. Adapun, metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif-deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, hingga focus group discussion. Berdasarkan kerangka konseptual diplomasi maritim Le Miere, hasil penelitian menunjukkan adanya peran kooperatif dan persuasif. Apabila ditinjau dari segi kooperatif, meliputi: goodwill visit melalui aksi kunjungan pelabuhan; training and joint exercise melalui penyelenggaraan forum MSDE dan pelaksanaan program pendidikan hingga diklat; dan joint maritime security operations melalui latihan dan operasi bersama dengan coast guard lain. Sementara, ditinjau secara persuasif mencakup showing the flag melalui kontribusi pembentukan ACF; kehadiran Bakamla RI bersama TNI AL di Perairan Natuna, dan turut serta ke dalam forum internasional seperti HACGAM, IORA, dan ARF.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karisma, Kurnia Fintakurniafintakarisma@gmail.comI92218084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmaliyah, Ridharidha.amaliyah@gmail.com2017098502
Subjects: Hubungan Internasional
Kerjasama Internasional
Politik
Keywords: Peran; Diplomasi Maritim Indonesia; Bakamla RI; Visi Poros Maritim Dunia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Kurnia Finta Karisma
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:19
Last Modified: 25 Jul 2023 06:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59391

Actions (login required)

View Item View Item