This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ramadani, Mohammad Fadli (2023) Tinjauan Bay' As Salam terhadap jual beli Obat di Klinik dr. Eni Kurniasih Desa Kalitengah Kecamatan Tanggulangin. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Mohammad Fadli Ramadani_C92219112.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis lapangan atau metode kualitatif dengan cara pengumpulan data berupa wawancara terhadap pelaku usaha dan literasi dari beberapa buku. Teknik yang dilakukan dengan cara metode deskriptif dengan pola piker deduktif, berupa tinjauan tentang akad salam setelah itu melakukan sebuah peninjauan tentang jual beli pesanan obat di klinik dr. Eni Kurniasih desa Kalitengah Kecamatan Tanggulangin. Dari penelitian ini, Pertama, praktik jual beli pemesanan obat di klinik dr. Eni Kurniasih desa Kalitengah Sidoarjo dilakukan dengan proses pemesanan obat oleh rabul salam atau pembeli kepada muslam ilahi atau penjual. Setelah itu muslam ilahi atau penjual dan rabul salam atau pembeli melakukan sebuah kesepakatan untuk penyerahan pemesanan obat dengan estimasi waktu pembuatan pesanan 25 menit, dengan melakukan pembayaran di tempat akad lalu memberikan muslam fiih atau barang pesanan obat kepada pembeli. Pemesanan di klinik ini bisa melalui dua cara seperti pemesanan melalui whatsapp dengan pembayaran akad dilakukan di awal dan diserahkan di akhir ketika barang pesanan sudah selesai dibuatkan dan pemesanan obat dengan datang langsung, pembayaran langsung ditempat dengan estimasi waktu pemesanan obat selama 25 menit. Dalam praktik yang dilakukan saat jual beli pemesanan obat ada konsumen yang kecewa dengan pesanannya karena ada kualitas pesanan yang cacat serta keterlambatan pengiriman barang pesanan. Hal ini menjadi sebuah kerugian bagi pembeli hingga menimbulkan permasalahan antara penjual dan pembeli. Kedua, dalam ini tinjauan praktik jual beli pesanan obat proses yang dilakukan saat jual beli di klinik dr. Eni Kurniasih desa Kalitengah Sidoarjo, terdapat rukun dan syarat bay’ as-sala>m yang tidak dapat terpenuhi bila ditinjau dari segi muslam fiih atau objek barangnya karena ada barang pesanan yang cacat hingga keterlambatan pengiriman. Oleh karena itu disini penulis hanya meninjau jual beli pesanan dengan akad bay’ as-salam, karena disini penulis bukan pakar dalam bidang tersebut Saran yang diberikan penulis adalah. Pertama, memperbaiki kualitas pesanan obat dari konsumen dan keterlambatan pengiriman barang pesanan, sehingga pembeli tidak kecewa. Kedua, kepada pihak klinik dr. Eni Kurniasih desa Kalitengah Sidoarjo hendaknya harus melakuan peninjauan kembali terhadap barang pesanan yang dijual kepada pembeli agar tidak merugikan satu sama lain
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Hukum Islam Hukum Ekonomi |
||||||||
Keywords: | Jual beli; Obat kecantikan; Kosmetik | ||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Mohammad Fadli Ramadani | ||||||||
Date Deposited: | 04 Dec 2023 08:23 | ||||||||
Last Modified: | 04 Dec 2023 08:23 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59461 |
Actions (login required)
View Item |