This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sulthon, Elok Aini (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS HURUF HIJAIYAH SECARA BERSAMBUNG MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DENGAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DI KELAS II SD NU PADOMASAN KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (480kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (627kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (962kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (423kB) | Preview |
Abstract
Keterampilan menulis huruf hijaiyah secara bersambung mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas II SD NU Padomasan kecamatan Jombang kabupaten Jember pada awal semester satu tahun 2015/2016 relatif rendah. Hal ini tercermin dari nilai rata-rata pada saat sebelum dilakukannya penelitian jauh dibawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal/KKM. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui penerapan model Direct Instruction untuk meningkatkan keterampilan menulis huruf hijaiyah secara bersambung mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas II SD NU Padomasan kecamatan Jombang kabupaten Jember. (2) Mengetahui peningkatan keterampilan siswa dalam menulis huruf hijaiyah secara bersambung mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dengan model Direct Instruction di kelas II SD NU Padomasan kecamatan Jombang kabupaten Jember. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan penilaian produk. Data yang terkumpul kemudian dianalisis. Penelitian ini dilakukan di kelas II SD NU Padomasan kecamatan Jombang kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah peserta didik 26 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan setiap aspeknya. Skor aktivitas guru siklus I sebesar 72,91 dan siklus II sebesar 80. Skor aktivitas siswa siklus I sebesar 72,36 dan siklus II sebesar 80. Skor rata-rata kelas siklus I sebesar 57,38 dan siklus II 78,53 sehingga terjadi peningkatan rata-rata kelas sebesar 21,15. Skor ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 11,53% dan siklus II sebesar 76,92% sehingga terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar sebesar 63,55%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran Pendidikan Pendidikan Islam Al Qur'an |
||||||
Keywords: | Menulis Huruf Hijaiyah Secara Bersambung | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Elok aini sulthon | ||||||
Date Deposited: | 14 Mar 2016 01:02 | ||||||
Last Modified: | 14 Mar 2016 01:02 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5952 |
Actions (login required)
View Item |