Pesan dakwah dalam Film 99 nama cinta karya Garin Nugroho

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imtinan, Shofiyah Nurul (2023) Pesan dakwah dalam Film 99 nama cinta karya Garin Nugroho. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shofiyah Nurul Imtinan_B01218039.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari pesan dakwah dalam film 99 Nama Cinta karya Garin Nugroho. Pesan dakwah yang dicari difokuskan pada pesan aqidah dan pesan syariah. Pesan dakwah tersebut didapatkan melalui potongan scene pada film.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kualitatif dan metode analisis teks media dengan menggunakan model analisis semiotika dari Charles Sanders Peirce.Hasil yang didapatkan pada penelitian ini dilakukan menggunakan teori segitiga makna dari Charles Sanders Peirce melalui representamen (tanda), object dan interpretant untuk memperoleh makna dari scene yang mengandung pesan dakwah. Melalui proses tersebut, maka didapatkan kesimpulan pesan dakwah yang terkandung dalam film 99 Nama Cinta antara lain, pesan akidah, yakni iman kepada qadha, qadar Allah dan iman kepada Allah dengan mengenal asmaul husna, asmaul husna yang didapat adalah Al-Muhyii, Al-Mummitu, Al-Kabir, Ar-Rahman, Ar-Rahim dan Al-Khaliq. Sedangkan pesan Sariah yang didapatkan adalah menjaga wudu.Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan mampu mengembangkan penelitian ini dari sisi yang lain, misal gaya bahasa pada scene ceramah dalam film 99 Nama Cinta atau representasi santri dalam film 99 Nama Cinta.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imtinan, Shofiyah Nurulb01218039@uinsby.ac.idB01218039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRazi, Fahrurfroziyas@yahoo.co.id2012066901
Subjects: Dakwah > Semiotika
Islam
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan Dakwah; Film 99 Nama Cinta; Analisis Semiotika.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Shofiyah Imtinan
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:40
Last Modified: 23 Feb 2023 02:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59744

Actions (login required)

View Item View Item