Suluk Al Haddad dalam Kitab Risalah Adab as Suluk Al Murid

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faiqoh, Nurul (2023) Suluk Al Haddad dalam Kitab Risalah Adab as Suluk Al Murid. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Faiqoh_E97217040 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Sulu>k Al-Haddad dalam Kitab Risa>lah Ada>b as-Sulu>k al-Muri>d”, menjawab rumusan masalah biografi dan pemikiran Syaikh Abdullāh al-Ḥaddād, dan maksud dari Sulu>k Al-Haddad dalam Kitab Risa>lah Ada>b as-Sulu>k al-Muri>d. Penyusunan skripsi ini menggunakan jenis penelitian library research (studi pustaka) yang bersifat deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan dari Kitab Risa>lah Ada>b as-Sulu>k al-Muri>d. Untuk pengumpulan data, penulis menggunakan metode dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Kitab Risa>lah Ada>b as-Sulu>k al-Muri>d merupakan salah satu kitab karangan Syaikh Abdullāh al-Ḥaddād yang berisi nasihat-nasihat tentang sifat dan perilaku yang harus dimiliki serta dilakukan oleh setiap murid untuk menuju Allah dan mengandung konsep akhlak dan karakter yang baik. Syaikh Abdullāh al-Ḥaddād memerintahkan kepada muridnya untuk melakukan suluk dengan beberapa cara atau tahapan, di antaranya: taubat, menjaga hati dari penyakit, menjaga anggota badan dari maksiat, selalu dalam kesucian, menghadap kepada Allah, mendirikan salat, serta berzikir dan bertafakur. Tujuan suluk yang disebutkan di dalam Kitab Risa>lah Ada>b as-Sulu>k al-Muri>d yaitu bahwa hubungan guru dan murid haruslah saling beriringan. Abdullah Al-Haddad lebih menekankan pada kesetiaan dan ketaatan batin dari seorang muridnya. Pemikiran terkait sulu>k Al-Hadda>d dapat dikatakan sejalan dengan pendapat dari K.H. Muhammad Hasyim Asy‘ari, tercantum dalam Kitab Adāb al-‘A<lim wa al-Muta‘allim yang berisi penjelasan terkait ajaran prinsip-prinsip adab atau etika murid terhadap guru dalam menuntut ilmu. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, pemikiran tentang suluk dalam Kitab Risa>lah Ada>b as-Sulu>k al-Muri>d, serta dalam Kitab Adāb al-‘A<lim wa al-Muta‘allim, dinilai sesuai dengan ayat al-Qur’an dan hadis Nabi terkait hal-hal yang dimaksud. Sehingga dapat dijadikan sebagai acuan dalam pembelajaran di berbagai instansi pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faiqoh, Nurulnurulfaiqoh998@gmail.comE97217040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Syaifullohkenzie102013@gmail.com20207906
Subjects: Tasawuf
Keywords: Al Haddad; suluk; murid
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Nurul Faiqoh
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:57
Last Modified: 20 Mar 2023 07:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59880

Actions (login required)

View Item View Item