Analisis potensi, daya saing dan proyeksi sektor pertanian di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fildzah, Lina Absharina (2022) Analisis potensi, daya saing dan proyeksi sektor pertanian di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lina Absharina Fildzah_ G01218012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Potensi, Daya Saing dan Proyeksi Sektor Pertanian di Indonesia” bertujuan untuk mengetahui potensi pertumbuhan tipologi sektoral, sub sektor basis, daya saing sektor pertanian, dan proyeksi sektor pertanian pada tahun 2030 di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan alat analisis berupa Tipologi Klassen, Location Quotient (LQ), Revealed Comparative Advantage (RCA), dan pendekatan forecasting metode Least Square. Diketahui hasil penelitian bahwa potensi sektor pertanian pada tingkat provinsi di Indonesia berdasarkan analisis Tipologi Klassen dan LQ menunjukkan sektor pertanian di 25 provinsi termasuk basis dan 9 provinsi termasuk non basis. Sementara sub sektor pertanian yang berpotensial untuk dikembangkan ialah peternakan, tanaman pangan dan tanaman hortikultura. Hasil analisis RCA tertinggi ialah Provinsi Gorontalo dengan nilai 13,65. Proyeksi sektor pertanian menunjukkan kondisi sektor pertanian akan mengalami penurunan yang fluktuatif yaitu pada tahun 2021 hingga 2030. Pemerintah Daerah perlu adanya upaya untuk memacu pertumbuhan perekonomian masing-masing provinsi dengan meningkatkan output, meningkatkan pendapatan dan lapangan kerja. Hendaknya pemerintah daerah lebih memprioritaskan investasi dan pembangunan terhadap sub sektor pertanian yang termasuk dalam tertinggal. Bagi masyarakat perlu adanya kesadaran diri dalam mendukung program pemerintah daerah dalam menghasilkan produk unggul pada sektor pertanian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fildzah, Lina Absharinaabsharinal@gmail.comG01218012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Betty Silfia Ayubetty.silfia@uinsby.ac.id0010068707
Subjects: Ekonomi
Pertanian
Keywords: Sektor pertanian; tipologi klassen; location quotient (LQ); revealed comparative advantage (RCA); proyeksi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Lina Absharina Fildzah
Date Deposited: 01 Mar 2023 02:09
Last Modified: 01 Mar 2023 02:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60209

Actions (login required)

View Item View Item