Pengembangan scrapbook digital materi sistem ekskresi manusia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII MTsN 1 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Siregar, Muhammad Nuh Fathsyah (2023) Pengembangan scrapbook digital materi sistem ekskresi manusia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII MTsN 1 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Nuh Fathsyah Siregar_D0A218015.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil studi awal pada MTsN 1 Kota Surabaya. Pada studi awal MTsN 1 Kota Surabaya diketahui belum banyak memiliki media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang membuat nilai kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII kurang mencukupi standar kemampuan berpikir kritis sebesar 78 sedangkan siswa masih memiliki rata-rata 55. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Scrapbook Digital materi sistem ekskresi pada manusia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Surabaya yang valid, efektif, dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Populasi uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Surabaya. Penentuan subjek dari populasi tersebut dilakukan dengan purposive sampling, yang terdiri dari 10 orang untuk kelas kecil, dan 31 orang siswa untuk kelas besar pada MTsN 1 Kota Surabaya. Teknik pengumpulan data dikumpulkan dengan lembar validitas untuk menilai kevalidan instrumen penelitian dan media pembelajaran Scrapbook digital. Angket keterlaksanaan, lembar observasi dan wawancara untuk menilai kepraktisan media pembelajaran Scrapbook digital. Soal Pre-Test - Post-Test Uji Kemampuan Berpikir Kritis digunakan untuk menilai keefektifan media pembelajaran Scrapbook digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa MTsN 1 Kota Surabaya. Hasil analisis menunjukkan bahwa instrument, dan media pembelajaran telah dinyatakan valid oleh ahli karena telah mencapai poin ketercapaian rata-rata berskor 85%. Scrapbook digital tergolong efektif karena rata-rata nilai tes keterampilan berpikir kritis siswa yang meningkat dari 58,39 menjadi 89,68 dengan n-gain sebesar 0,87 yang lebih besar ketentuan minimal 0,7. Media pembelajaran juga telah termasuk dalam media yang praktis karena rata-rata skor dari angket dan lembar observasi telah mencapai skor rata-rata 88% setelah diimplementasikan pada siswa. Dengan demikian keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan media pembelajaran Scrapbook digital tergolong meningkat dan tujuan dalam penelitian ini tercapai yaitu media pembelajaran Scrapbook digital dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Siregar, Muhammad Nuh Fathsyahmuhammadnuhfathsyah@gmail.comD0A218015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorInayah, Naililnailil.inayah@uinsby.com2020068902
Subjects: Biologi
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran; Scrapbook Digital; Pengembangan Scrapbook digital; Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Muhammad Nuh Fathsyah Siregar
Date Deposited: 28 Feb 2023 03:12
Last Modified: 28 Feb 2023 03:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60299

Actions (login required)

View Item View Item