THE COMMA ERROR IN STUDENTS' WRITING: A CASE STUDY OF EIGHT GRADE STUDENTS AT SMPN 25 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulya, Alif Mufida (2016) THE COMMA ERROR IN STUDENTS' WRITING: A CASE STUDY OF EIGHT GRADE STUDENTS AT SMPN 25 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Dalam kegiatan kepenulisan, ada sejumlah hal yang memerlukan perhatian khusus. Salah satunya, tanda baca. Tanda baca memiliki peran penting dalam menghubungkan kalimat demi kalimat ketika seseorang tengah menulis paragraf. Ketika seorang penulis tidak menempatkan tanda baca koma dengan baik, maka maksud dari penulis yang hendak dikomunikasikan melalui tulisan kepada pembacanya akan gagal tersampaikan. Dampak buruk selanjutnya yang akan terjadi adalah kesalahpahaman. Dalam hal ini, siswa merasa kesulitan ketika dihadapkan pada permasalahan ini. Hal ini terlihat dari kesalahan-kesalahan yang muncul, yang berujung pada pengabaian mereka terhadap penggunaan tanda baca koma. Kemudian dirasa perlu dilakukan sebuah penelitian berkaitan dengan permasalahan ini, untuk mengetahui: (1) Pada kategori apa kesalahan koma kerap kali muncul dalam tulisan siswa?, dan (2) Faktor apa yang menyebabkan siswa salah dalam menempatkan tanda baca koma? Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh, dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif yang digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam serta sebuah teori sebagai pedoman penulis dalam melakukan analisis kesalahan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-G di SMPN 25 Surabaya. Sementara sumber data diperoleh dari hasil kerja siswa menulis teks pendek ketika ujian semester ganjil (studi dokumen) dan ketika tes yang dilaksanakan oleh penulis. Dengan begitu, tata letak kesalahan koma dapat diketahui untuk kemudian dianalisis dari perolehan tiga macam teks berbeda. Hasil penelitian mengungkap bahwa: (1) Pada masing-masing teks, kesalahan penempatan koma ditemukan di kategori yang berbeda. Pada kartu undangan, kesalahan koma paling banyak ditemukan di antara penulisan tanggal dan setelah tahun; pada teks naratif, kesalahan koma terbanyak ditemukan dalam penggunaan koma sebagai keterangan penjelas; dan pada teks deskriptif adalah pada unsur non-restrictive. (2) Kesalahan tersebut diketahui karena guru mereka tidak menjelaskan materi mengenai pembubuhan tanda baca, termasuk tanda baca koma secara mendalam. Pada akhirnya, penemuan penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi guru dan penulis selanjutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulya, Alif MufidaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Evaluasi
Pendidikan > Bahasa Inggris
Pendidikan > Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Alif Mufida Ulya
Date Deposited: 23 Apr 2016 02:27
Last Modified: 23 Apr 2016 02:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6044

Actions (login required)

View Item View Item