Pengaruh promosi dan sistem pembayaran terhadap impulse buying dalam transaksi belanja di shopee ditinjau dari perspektif teori konsumsi Islam: studi generasi Z muslim di Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Riska Fitri (2023) Pengaruh promosi dan sistem pembayaran terhadap impulse buying dalam transaksi belanja di shopee ditinjau dari perspektif teori konsumsi Islam: studi generasi Z muslim di Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riska Fitri Rahmawati_G04218055.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Promosi dan Sistem Pembayaran Terhadap Impulse Buying dalam Transaksi Belanja di Shopee Ditinjau dari Perspektif Teori Konsumsi Islam (Studi Generasi Z Muslim di Kabupaten Mojokerto)” merupakan penelitian yang mempunyai tujuan untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh antara promosi dan sistem pembayaran terhadap impulse buying pada generasi Z muslim di Kabupaten Mojokerto. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif. Pada pengumpulan data dilaksanakan dengan menyebarkan kuesioner online kepada 96 responden. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Teknik analisis data terdiri atas uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam uji t variabel promosi (X1) secara parsial, t hitung lebih besar dari t tabel (4,243 > 1,985). Hal tersebut menunjukkan bahwa variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap impulse buying (Y). Sedangkan dalam uji t variabel sistem pembayaran (X2) secara parsial, t hitung lebih kecil dari t tabel (2,469 > 1,985). Hal tersebut menunjukkan bahwa variabel sistem pembayaran berpengaruh signifikan terhadap impulse buying (Y). Dan secara simultan menunjukkan bahwa nilai F hitung lebih besar dari F tabel (20,998 > 3,09). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa variabel promosi dan sistem pembayaran secara simultan berpengaruh terhadap impulse buying. Konsumen dalam penelitian ini masih dalam perilaku konsumsi secara konvensional, yaitu dalam berkonsumsi lebih mengutamakan keinginan daripada kebutuhan. Berdasarkan hasil dari pengolahan data kuesioner atau angket, promosi dapat meningkatkan perilaku impulse buying.Untuk peneliti selanjutya, sebaiknya bisa menambah variabel atau faktor lain yang belum terdapat pada penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Riska Fitririskafitri1999@gmail.comG04218055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWicaksono, Rianto Anugerah----
Subjects: Ekonomi Islam
Masyarakat Islam
Keywords: Promosi; sistem pembayaran; impulse buying
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Riska Fitri Rahmawati
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:17
Last Modified: 02 Mar 2023 02:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60573

Actions (login required)

View Item View Item