Seni dan Filosofi Whirling Darwish Jalaluddin Al Rumi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdasari, Auliya Adiba Rahma (2023) Seni dan Filosofi Whirling Darwish Jalaluddin Al Rumi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Auliya Adiba Rahma Firdasari_E77218043 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji Seni dan Filosofi Whirling Darwish Jalaluddin al Rumi sebagaimana penciptaan tari whirling darwish merupakan wujud dari kesenian yang mengandung unsur tasawuf yang telah diperkenalkan Syekh Maulana Jalaluddin al Rumi. Dengan pengungkapan cintanya kepada Sang Ilahi yang bukan hanya melalui yang tampak semata namun juga melalui penyelaman rahasia yang mendalam dengan peleburan seni cinta yang berupa whirling darwish sehingga menerapkan rasa cintanya kepada Allah dengan menjadikan metode dzikir ke dalam tarian yang ia lakukan dengan pergerakkan tubuh serta berputar-putar sambil membaca lafaz Allah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua persoalan, yaitu: dimensi seni dalam Whirling Darwish dan Bagaimana filosofi Whirling Darwish Jalaluddin al Rumi. Jenis penelitian ini adalah library research yang bersifat analitis-deskriptif. Hasil dari penelitian menemukan bahwa seni Whirling Darwish merupakan hasil dari konsentrasi penuh yang kemudian menimbulkan adanya gerakan-gerakan ritmis yang indah, kaki terus berjalan dan cepatnya langkah kaki sesuai dengan tempo irama musik dan filosofi hadirnya Whirling Darwish bermula dari larutnya dalam kerinduan dan sebagai lambang pencarian Jalaluddin al Rumi pada kekasihnya, Syams al- Din yang menghilang pergi, Rumi pun mengekspresikan rasa sedih atas rasa cintanya dengan menciptakan adanya tari sufi (whirling darwish) yang berputar- putar cepat berjam-jam dan melingkar yang dilakukan oleh para darwis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdasari, Auliya Adiba Rahmaauliyaadibbasayang@gmail.comE77218043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHodri, HodriUNSPECIFIED197011172005011001
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesenian
Tasawuf
Keywords: Seni; filosofi; Whirling Darwish; Jalaluddin al Rumi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Auliya Adiba Rahma Firdasari
Date Deposited: 09 Mar 2023 02:12
Last Modified: 09 Mar 2023 02:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60617

Actions (login required)

View Item View Item