Tinjauan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2020 dan Hukum Islam terhadap Bea Materai Elektronik dalam Perjanjian Suatu Dokumen

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa’diyah, Inayatus (2023) Tinjauan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2020 dan Hukum Islam terhadap Bea Materai Elektronik dalam Perjanjian Suatu Dokumen. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Inayatus Sa'diyah_C92219102 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Inayatus Sa'diyah_C92219102 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2027.

Download (1MB)

Abstract

Untuk menjawab dua rumusan masalah yang telah disebutkan diatas, maka metode yang digunakan metode kualitatif dengan jenis field research dengan data primer sebagai sumber data dari Peraturan Menteri Keuangan Nomor 134/PMK.03/2021. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan teknik dokumentasi dengan menggunakan analisis deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penggunaan materai elektronik masih belum efektif apabila diterapkan dan keabsahan penggunaan materai dalam suatu perjanjian masih diragukan, dikarenakan didalam Peraturan Menteri ataupun Undang-Undang terkait permasalahan yang penulis paparkan masih belum diatur mengenai pasal. Jadi belum ada aturan yang mengatur mengenai hal tersebut atau dapat dikatakan terjadi kekosongan hukum akan permasalahan yang penulis analisis. (2) Berdasarkan pada asas perjanjian dalam hukum Islam, perjanjian dengan menggunakan materai elektronik sudah dapat dikatakan sah secara syariah.
Setelah dilakukan penelitian ini. Penulis memberikan saran agar materai elektronik kedepannya lebih efektif baik dikalangan masyarakat ataupun institusi. Namun penulis juga menghimbau agar tidak menyalah gunakan materai elektronik sebagai tanda sah atau tidaknya suatu dokumen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa’diyah, Inayatusinayatussadiyah289@gmail.comC92219102
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHadi, Abd.--2018115501
Subjects: Hukum Islam
Keywords: Perjanjian; Dokumen; Bea materai elektronik
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Inayatus Sa’diyah
Date Deposited: 07 Jan 2024 13:33
Last Modified: 07 Jan 2024 13:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60974

Actions (login required)

View Item View Item