Pengaruh love of money,religiusitas,dan idealisme terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi dengan gender sebagai variabel moderasi: studi kasus pada mahasiswa akuntansi perguruan tinggi negeri di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anas, Nasrul (2022) Pengaruh love of money,religiusitas,dan idealisme terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi dengan gender sebagai variabel moderasi: studi kasus pada mahasiswa akuntansi perguruan tinggi negeri di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nasrul Anas_G72271069.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Love of money, Religiusitas, dan Idealisme terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi dengan Gender sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya) Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh love of money, religiusitas, dan idealisme terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi dengan dimoderasi oleh gender. Obyek dalam penelitian ini adalah PTN di Surabaya yaitu Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Negeri Surabaya, UPN “Veteran” Jawa Timur, dan UIN Sunan Ampel Surabaya.Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Metode sampel dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel penelitian ini berjumlah 240 orang yang memiliki kriteria mahasiswa di semester akhir. Data penelitian ini adalah data primer berupa kuisioner online yang diisi oleh responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t dan Moderate Regression Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel love of money dan religiusitas berpengaruh positif dan signifikansi terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi, sedangkan idealisme tidak berpengaruh dan signifikansi terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi. Variabel moderasi gender tidak dapat memoderasi antara variabel religiusitas dan idealisme terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi. Dan gender dapat memoderasi hubungan antara variabel love of money terhadap variabel persepsi etis mahasiswa akuntansi secara signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anas, Nasrulnasrulanas1998@gmail.comG72217069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAhsan, Muhamadm.ahsan@uinsby.ac.id2021066802
Subjects: Ekonomi
Etika
Keywords: Love of Money; Religiusitas; Idealisme; Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi; dan Gender
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Nasrul Anas
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:03
Last Modified: 02 Mar 2023 02:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61082

Actions (login required)

View Item View Item