Tindak tutur dalam naskah drama Tumirah Sang Mucikari karya Seno Gumirah Ajidarma: kajian pragmatik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyidah, Ainur (2023) Tindak tutur dalam naskah drama Tumirah Sang Mucikari karya Seno Gumirah Ajidarma: kajian pragmatik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainur Rosyidah_A94219042 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis bentuk dan makna dari tuturan yang terkandung pada naskah drama Tumirah Sang Mucikari karya Seno Gumirah Ajidarma. Naskah drama Tumirah Sang Mucikari menceritakan tentang kehidupan seorang mucikari dan para pekerja seks yang kehidupannya mengalami rintangan yang cukup berat karena diteror, disiksa, diperkosa, dan diperlakukan secara tidak adil. Penelitian ini dikaji menggunakan teori tindak tutur dari Austin yang di kembangkan oleh Searle. Metode yang digunakan dalampenelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan cara menafsirkan analisis teks danjuga dialog antar tokoh yang terdapat dalam naskah drama Tumirah Sang Mucikari karya Seno Gumirah Ajidarma dengan menggunakan pendekatan pragmatik. Berdasarkan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa naskah drama Tumirah Sang Mucikari karya Seno Gumirah Ajidarma mengandung beberapa bentuk tindak tutur yang mengandung makna, terdiri dari tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi, dan juga tindak tutur deklaratif, representatif, komisif, ekspresif, dan direktif. Namun yang banyak ditemukan yaitu tindak tutur ilokusi yang maknanya tidak dijelaskan secara langsung atau masih samar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyidah, Ainurainurrosyidah93@gmail.comA94219042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Lukmanlukmanfahmi21@gmail.com2021117301
Subjects: Kesusastraan
Keywords: Pragmatik; tindak tutur; naskah drama Tumirah Sang Mucikari
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Mar 2023 02:37
Last Modified: 07 Mar 2023 02:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61220

Actions (login required)

View Item View Item