Efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share menggunakan media gamabar untuk meningkatkan mahara kitabah siswa kelas VIII A Mts Putra-Putri Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Avifin, Muhammad Bagus Rusvan (2021) Efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share menggunakan media gamabar untuk meningkatkan mahara kitabah siswa kelas VIII A Mts Putra-Putri Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Bagus Rusvan Avifin_D72214054.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan waktu pembelajaran bahasa arab maharah kitabah, guru masih menggunakan metode belajar konvensional dan hanya menggunakan media papan tulis sehingga kegiatan pembelajaran masih terpusat kepada guru, guru berperan aktif, sedangkan siswa cenderung berperan pasif ketika menerima pelajaran. Hasil belajar siswa menggunakan metode terebut juga dianggap kurang efektif. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah1) Bagaimana maharah kitabah siswa kelas VII A Mts Putra – Putri lamongan? 2) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share menggunakan media gambar untuk meningkatkan mahara kitabah di kelas VII A Mts Putra – Putri Lamongan? 3) Bagaimana efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think pair and share menggunakan media gambar untuk meningkatkan maharah kitabah di kelas VIIA Mts Putra – Putri Lamongan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang yang digunakan peneliti adalah metode eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Adapun pelaksanaan quasi eksperimen ini dilakukan dengan menggunakan desain “pretest posttest one group design. Subjek pada penelitian ini adalah 20 siswa kelas VIII A Mts. Putra-Putri Lamongan. Pengambilan data dilakukan oleh peneliti melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan terhadap mahara kitabah siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Think pair and share menggunakan media gambar dari saat pretest dengan nilai 68.15 menjadi 82.60 pada saat posttest. Dan hasil dari uji N-gain menunjukan nilai 0,4549 hal ini memnunjukan penggunaan model pembelajaran kooeratif tipe Think Pair and Share menggunakan media gambar cukup efektif terhadap peningkatan mahara kitabah kelas VIII A Mts Putra-Putri Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Avifin, Muhammad Bagus Rusvanarsvngi@gmail.comD72214054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHanifah, Umiumihanifah@uinsby.ac.id2028097802
Thesis advisorSyafi'i, Syafi'isyafii2121@Gmail.com2018107002
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Guru
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Maharah Kitabah; Kooperatif; Think Pair and Share; Media Gambar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Bagus Rusvan Avifin
Date Deposited: 21 Mar 2023 05:27
Last Modified: 21 Mar 2023 05:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61328

Actions (login required)

View Item View Item