Pemberdayaan ekonomi santri melalui koperasi pondok pesantren Al-Jihad Surabaya: prespektif maqasid Asy-Syari'ah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Firda (2022) Pemberdayaan ekonomi santri melalui koperasi pondok pesantren Al-Jihad Surabaya: prespektif maqasid Asy-Syari'ah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firda Fitriyah_G04218018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah mendasar yang masih menjadi tantangan Indonesia adalah kemiskinan. Apabila permasalahan ini tidak segera diselesaikan maka akan terjadi permasalahan baru misalnya tindak kriminalitas bahkan keimanan sesorang bisa ikut melemah apabila kemiskinan melanda. Salah satu upaya mengurangi kemiskinan yaitu adanya pemberdayaan ekonomi yang dilakukan masyarakat melalui sektor usaha atau lainnya dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Jika pemberdayaan ekonomi diurus dengan baik maka dapat secara perlahan memperbaiki perekonomian masyarakat Indonesia. Salah satu bentuk pemberdayaan ekonomi dapat dilakukan di lingkungan Pondok Pesantren yaitu memberdayakan ekonomi santrinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemberdayaan ekonomi santri pada Koperasi Pondok Pesantren Al-Jihad Surabaya dan tinjauan maqasid asy-syari’ah terhadap proses pemberdayaan Koperasi Pondok Pesantren Al-Jihad Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan dengan terjun langsung ke lokasi penelitian. Teknik pengolahan data dilakukan dengan editing, organizing, analysis, dan result discovery atau penemuan hasil. Kemudian teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya proses pemberdayaan ekonomi santri melalui Koperasi Pondok Pesantren Al-Jihad Surabaya menghasilkan hal yang positif ditandai dengan meningkatnya pendapatan dan ilmu yang dimiliki santri pada bidang ekonomi. Berdasarkan beberapa analisa berhasil disimpulkan bahwa hampir semua proses pemberdayaan ekonomi santri berkembang berdasarkan indikator agama, jiwa, akal, nasab dan harta. Upaya santri untuk mengembangkan ekonominya dapat berupa pendapatan dan shodaqoh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, Firdafirdamashi11@gmail.comG04218018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMugiyati, Mugiyatimugiyati@uinsby.ac.id2026027101
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Keywords: Pemberdayaan ekonomi; Koperasi Pondok Pesantren; maqasid asy-syari’ah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Firda Fitriyah
Date Deposited: 13 Apr 2023 05:09
Last Modified: 13 Apr 2023 05:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61610

Actions (login required)

View Item View Item