Penerapan moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMP negeri 5 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arrasid, Farid (2023) Penerapan moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMP negeri 5 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Farid Arrasid_D91219109_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penanaman nilai-nilai moderasi beragama di sekolah diharapkan dapat membentuk peserta didik yang menghargai keberagaman serta tidak terjebak pada ekstremisme, intoleransi, dan tindak kekerasan. Sekolah adalah tempat yang sentral dalam menanamkan moderasi beragama sejak dini. Generasi penerus bangsa perlu dibiasakan untuk mengimplementasikan nilai-nilai keberagamaan yang inklusif dan moderat di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan moderasi beragama dalam proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 5 Surabaya, 2) Mendeskripsikan dampak penerapan moderasi beragama dalam proses pembelajaran PAI bagi peserta didik di SMP Negeri 5 Surabaya dan 3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan moderasi beragama melalui pembelajaran PAI di SMP Negeri 5 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian field research yaikni peneliti mendatangi dan mengamati tempat penelitian secara langsung untuk menggali data dan informasi melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan beberapa langkah sesuai teori Miles, Huberman dan Saldana yaitu menganalisis data dengan tiga langkah: kondensasi data (data condensatio), menyajikan data (data display), dan menarik simpulan atau verifikasi (conclusing drawing and verification)..Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan moderasi beragama dalam proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 5 Surabaya yaitu berupa perencanaan yang dilakukan guru PAI setelah mendapatkan sosialisasi tentang moderasi beragama dari Kemenag RI kemudian Nilai-nilai moderasi beragama yang diterapkan dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 5 Surabaya antara lain nilai tawassuth, nilai tasamuh, nilai i’tidal, nilai musawah, nilai tawazun, nilai syura, nilai keterbukaan dan anti kekerasan. 2) Dampak dari adanya penerapan moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 5 Surabaya khususnya bagi peserta didik antara lain terlihat peserta didik mampu bersikap saling menghargai, menghargai budaya lokal, saling menghormati, anti radikalisme dan toleran dengan siswa non Islam. 3) Faktor pendukung dalam penerapan moderasi beragama melalui pembelajaran PAI di SMP Negeri 5 Surabaya yaitu adanya dukungan dari pihak sekolah berupa program-program dan kegiatan-kegiatan sekolah yang bermuatan nilai-nilai moderasi beragama antara lain pembiasaan ibadah pagi sebelum aktivitas belajar mengajar, menyanyikan lagu Indonesia raya, mengadakan upacara bendera tiap hari Senin, membuat peringatan hari besar keagamaan, mengoptimalkan program SAS (Sekolahe AREK Suroboyo) dan menyelenggarakan kegiatan MPLS dan parenting. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu dari keluarga ataupun lingkungan tempat tinggal peserta didik yang fanatik dan kurang moderat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arrasid, Faridfaridarrasid@gmail.comD91219109
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyamsudin, Syamsudinsyamsudinuinsby@gmail.com2012096702
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pembelajaran
Toleransi Islam
Toleransi
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: moderasi beragama di sekolah; pembelajaran PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: farid Arrasid
Date Deposited: 03 May 2023 02:48
Last Modified: 03 May 2023 02:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61828

Actions (login required)

View Item View Item