Upaya Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham RI dalam melakukan penegakan hukum terkait penyalahgunaan Visa oleh Warga Negara Tiongkok 2017-2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratama, Hilda Yogi (2023) Upaya Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham RI dalam melakukan penegakan hukum terkait penyalahgunaan Visa oleh Warga Negara Tiongkok 2017-2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hilda Yogi Pratama_I02216011 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pelanggaran yang dilakukan oleh warga negara Tiongkok pada kurun waktu 2017- 2019 terbilang sangat tinggi dibandingkan dengan warga negara lain. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk membahas tentang bagaimana upaya Ditjen Imigrasi Kemenkumham RI dalam melakukan penegakan hukum terkait penyalahgunaan visa WN Republik Rakyat Tiongkok yang disalahgunakan selama tahun 2017-2019. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif-deskriptif. Penggalian data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti menemukan beberapa temuan upaya Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham RI dalam melakukan penegakkan hukum terkait penyalahgunaan visa Warga Negara Republik Rakyat Tiongkok yang disalahgunakan selama tahun 2017-2019 yakni sebagai berikut: 1) Bagi petugas imigrasi harus menghentikan kerja sama iligal antara petugas pemeriksaan imigrasi dengan warga negara tiongkok yang datang ke Indonesia. 2) Melakukan pemeriksaan secara berkala terhadap perusahaanperusahaan mengenai pekerja yang ada dalam perusahaan tersebut. 3) Kerjasama dengan pemerintah Tiongkok untuk menanggulangi banyaknya warga negara Tiongkok yang datang ke Indonesia untuk melakukan kejahatan penyalahgunaan bebas visa yang disediakan oleh Indonesia untuk Tiongkok dll.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratama, Hilda Yogihildayogip@gmail.comI02216011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahman, Abidabidabufida@gmail.com2023067704
Subjects: Hubungan Internasional
Warganegara
Warganegara
Keywords: Ditjen Imigrasi; penyalahgunaan Visa; Warga Tiongkok
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 May 2023 02:55
Last Modified: 03 May 2023 02:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62042

Actions (login required)

View Item View Item