Evaluasi penerapan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: study analisis di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zandra, Djamaiyah Mus (2016) Evaluasi penerapan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: study analisis di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (451kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 membawa perubahan mendasar peran guru dalam pembelajaran. Secara administratif, pemerintah pusat telah menyiapkan perangkat pelaksanaan pembelajaran yang tidak perlu lagi disiapkan oleh guru. Namun demikian, guru dituntut berperan secara aktif sebagai motivator dan fasilitator pembelajaran sehingga siswa akan menjadi pusat belajar. Hal ini menjadi kendala tersendiri bagi para guru karena tidak semua guru memiliki kompetensi tersebut. Selain itu, guru dituntut kesiapannya untuk melaksanakan kurikulum dalam waktu yang relative singkat sementara perangkatnya belum disiapkan secara matang. Bukan persoalan yang mudah untuk mempersiapkan guru yang ideal seperti harapan kurikulum 2013 dalam waktu singkat, terutama untuk merubah mindset guru dari yang asalnya hanya bertugas untuk mengajar sementara dalam kurikulum 2013 guru harus mampu mengarahkan siswa untuk aktif, produktif, kreatif dan berfikir kritis.
Berangkat dari latar belakang masalah tersebut, maka peneliti mengambil permasalah tentang bagaimana kesiapan sekolah dalam melaksanakan K-13 Kurikulum 2013 di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya pada Mata Pelajaran PAI dan Bagaimanakah Penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajarana Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan datanya adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis kualitatif. Adapun langkah-langkah dalam teknik analisis data meliputi, reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Kesiapan sekolah dalam melaksanakan Kurikulum 2013 dapat dilihat dari SMA Muhammadiyah 2 Surabayadapat dilihat dari SDM yang 91% dari tenaga pengajar lulusan S-1 yang sesuai dengan kualifikasi bidang studinya, sarana prasarana dan Tim Pengembang Kurikulum yang dibentuk untuk melakukan pemahaman dan penilaian kurikulum 2013 kepada guru. Sedangkan penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajarana
Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya berjalan sesuai harapan, hal itu dapat dilihat dari perencanaan dan penilaian yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran, sebagaimana terdapat pada silabus dan RPP yang dibuat guru. Selain itu, supervisi akademik yang bertugas untuk mengembangan kurikulum 2013 di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya sebagai strategi untuk membantu guru mengembangkan kemampuannya mencapai tujuan pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zandra, Djamaiyah MusMuszandra@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Pendidikan Islam
Keywords: Kurikulum 2013
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Djamaiyah Mus Zandra
Date Deposited: 25 Apr 2016 00:57
Last Modified: 16 Mar 2018 08:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6211

Actions (login required)

View Item View Item