Tinjauan fikih awal waktu sholat terhadap pandangan generasi z pada penundaan penanda waktu sholat asar: studi kasus adzan asar pukul 16.30 Dusun Danguk, Desa Janggan, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustina, Indi Rizky Amalia (2023) Tinjauan fikih awal waktu sholat terhadap pandangan generasi z pada penundaan penanda waktu sholat asar: studi kasus adzan asar pukul 16.30 Dusun Danguk, Desa Janggan, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indi Rizky Amalia Agustina_C96219044 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Indi Rizky Amalia Agustina_C96219044 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 May 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pandangan generasi Z mengenai penundaan penanda waktu salat Asar berdasarkan Fikih awal waktu salat, dengan studi kasus adzan Asar pukul 16.30 di Desa Janggan Kecamatan Poncol Magetan. Daerah. Kajian Fikih awal waktu salat menjadi fokus utama penelitian ini, dengan tujuan untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana generasi Z memandang penundaan waktu salat Asar. Jenis penelitian dari skripsi ini adalah penelitian lapangan dengan Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumentasi terkait observasi fiqh awal waktu sholat. Responden penelitian ini adalah generasi Z yang berdomisili di Desa Janggan dan sering mengikuti salat Asar pada pukul 16.30. Pemunduran penanda sholat asar Desa Janggan masih dalam lingkup bagian waktu yang diperbolehkan. Situasi pemunduran tersebut juga selain masih masuk waktu sholat asar, juga belum memasuki waktu sholat berikutnya. Jadi penundaan pada pukul 16.30 masih termasuk dalam waktu jawaz, sedangkan waktu tahrim Desa Poncol dimulai kisaran pukul 17.15. Penelitian ini memberikan kontribusi untuk memahami bagaimana generasi Z memandang praktik keagamaan, khususnya terkait penundaan waktu salat Asar. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat membantu pihak-pihak terkait dalam memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai dinamika praktik keagamaan di tengah perubahan sosial dan budaya yang terus berlanjut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustina, Indi Rizky Amaliaindyrizky21@gmail.comC96219044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSopwan, Novisopwan@uinsby.ac.id2021118402
Subjects: Salat > Salat, Waktu
Salat
Keywords: Generasi Z; penundaan Adzan Ashar
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Indi Rizky Rizky
Date Deposited: 16 May 2024 05:57
Last Modified: 16 May 2024 05:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62528

Actions (login required)

View Item View Item