Terapi dzikir dalam mengatasi kecemasan anak berkebutuhan khusus di sekolah luar biasa YPAC Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Irfani, Tsamarah Luthfiyah Ilma (2023) Terapi dzikir dalam mengatasi kecemasan anak berkebutuhan khusus di sekolah luar biasa YPAC Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tsamarah Luthfiyah Ilma Irfani_B03219055_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil terapi dzikir dalam mengatasi kecemasan anak berkebutuhan khusus. Kecemasan itu diakibatkan oleh lingkungan sekolah yang sering menggoda konseli dengan suara yang dibuat-buat. Suara itu bertujuan untuk menakuti konseli yang takut pada terapis serta pertanyaan yang diajukan wali kelas ketika pelajaran sedang berlangsung. Untuk mendeskripsikan persoalan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara yang disajikan dalam penyajian data dan analisis data. Proses penelitian dimulai dari identifikasi masalah, diagnosa, prognosa, treatment, evaluasi, dan follow up. Hasil penelitian menunjukkan terapi memberi dampak perubahan yang baik terhadap konseli, yaitu dapat mengontrol diri, dan juga mulai berbaur dengan orang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Irfani, Tsamarah Luthfiyah Ilmatsamarahluthfiyah28@gmail.comB03219055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmriana, Amrianaamriana@uinsby.ac.id2111048901
Thesis advisorSuwata, Suwatah--2115126401
Subjects: Doa dan Zikir
Keywords: Terapi Dzikir; Kecemasan; Anak Berkebutuhan Khusus
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Tsamarah Luthfiyah Ilma Irfani
Date Deposited: 07 Jun 2023 07:48
Last Modified: 07 Jun 2023 07:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62863

Actions (login required)

View Item View Item