Penggunaan media pembelajaran pai berbasis game quizizz untuk mengevaluasi ranah kognitif siswa SMAN Porong Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Roziqin, Mochammad Miftachur (2022) Penggunaan media pembelajaran pai berbasis game quizizz untuk mengevaluasi ranah kognitif siswa SMAN Porong Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Miftachur Roziqin_D71218080.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian lapangan (empiris) yang berjudul, penggunaan media pembelajaran PAI berbasis game Quizizz untuk mengevaluasi ranah kognitif siswa SMAN 1 Porong Sidoarjo. Skripsi ini bertujuan meneliti tentang: perencanaan dari penggunaan media pembelajaran PAI berbasis game Quizizz untuk mengevaluasi ranah kognitif siswa SMAN 1 Porong Sidoarjo, pelaksanaan dari penggunaan media pembelajaran PAI berbasis game Quizizz untuk mengevaluasi ranah kognitif siswa SMAN 1 Porong Sidoarjo, dan respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran PAI berbasis game Quizizz di SMAN 1 Porong Sidoarjo. Metodologi penelitian skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualiatif deskriptif. penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan atau field research. Penggalian data sumber primer dan sumber sekunder dalam penelitian ini memakai teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan berpedoman pada model miles dan Huberman, sedangkan mengenai keabsahannya memakai triangulasi dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) rencana penerapan Quizizz pada pembelajaran PAI dilatar belakangi adanya pandemi Covid 19. Merebaknya wabah Covid 19 membuat pembelajaran menjadi terbatasi, sehingga berdampak pada menurunnya daya berpikir siswa. Dengan latar belakang tersebut membuat guru PAI berinisiatif melakukan evaluasi terhadap ranah kognitif siswa dengan membuat soal kuis PAI yang menarik. Media Quizizz dipakai untuk mengevaluasi ranah kognitif siswa, dan sasarannya ialah kemampuan mengingat dan memahami siswa. Agar pelaksanaan evaluasi berjalan sistematis, perencanaan yang dibutuhkan meliputi pembuatan soal yang disesuaikan dengan materi, pembuatan RPP, dan mepersiapkan peralatan pendukung berupa laptop, lcd proyektor, dan smartphone. (2) Realisasi penggunaan Quizizz pada setiap mata pelajaran berbeda-beda tergantung pada kebijakan masing-masing guru. Realisasi penerapan Quizizz pada pembelajaran PAI dipakai sebagai media evaluasi pada penilaian harian. Tidak faktor internal yang mempengaruhi penerapan Quizizz, tetapi yang menjadi kendala terbesar dari penerapan Quizizz adalah jaringan dan smartphone. Permasalahan tersebut dapat diatasi guru dengan memberi keringan bagi siswa yang tidak membawa smartphone, sedangkan mengenai kendal jaringan biasanya siswa memakai menggunakan paket data masing-masing. (3) Kehadiran Quiziz pada pembelajaran PAI disambut positif oleh siswa. Penerapan Quizizz pada pembelajaran PAI membuat iklim pembelajaran menjadi berwarna dan menyenangkan, sehingga secara tidak langsung membawa dampak positif terhadap kemajuan belajar siswa, terutama siswa dapat memahami materi pembelajarannya secara mandiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Roziqin, Mochammad Miftachurmochammadmiftachur26@gmail.comD71218080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorManan, Abdulabdulmanan1970@gmail.com0710067001
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii.iwa@gmail.com2020117003
Subjects: Minat Siswa
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Media pembelajaran; quizizz; evaluasi; ranah kognitif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mochammad Miftachur Roziqin
Date Deposited: 26 Jun 2023 05:10
Last Modified: 26 Jun 2023 05:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63072

Actions (login required)

View Item View Item