Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui optimalisasi blumbang sebagai media budidaya ikan di Dusun Genengan Desa Genengan Kecamatan Doko Kabupaten Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adzanni, Sabilla Fatma (2023) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui optimalisasi blumbang sebagai media budidaya ikan di Dusun Genengan Desa Genengan Kecamatan Doko Kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sabilla Fatma Adzanni_B92219127.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan di Dusun Genengan ini bertujuan untuk mengembangkan aset yang dimiliki oleh kelompok pembudidaya ikan. Aset tersebut berupa Blumbang sebagai media budidaya ikan dengan jumlah yang banyak yaitu 49 Blumbang. Namun, aset tersebut belum terkelola dengan maksimal. Kelompok pembudidaya ikan menjadi subjek dampingan yang dilakukan oleh peneliti. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan ABCD (Asset Based Community Development). Langkah-langkah yang dilakukan oleh peneliti dalam menggali data dan informasi adalah dengan melaksanakan serangkaian aksi secara nyata di lapangan. Aksi yang dilakukan tersebut ialah wawancara, FGD, pemetaan partisipatif, dan transektoral. Fokus utama dalam pendampingan ini yaitu pengembangan pada aset Blumbang sebagai media budidaya ikan yang kemudian aset tersebut dioptimalkan fungsinya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Dusun Genengan. Hasil dari pendampingan dapat dilihat dari adanya perubahan pada masyarakat. Perubahan tersebut berupa kesadaran masyarakat mengenai pemahaman kepemilikan aset serta mengetahui bagaimana cara mengelola aset dengan maksimal. Sehingga terbukanya peluang pasar yang dapat meningkatkan perekonomian warga Dusun Genengan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adzanni, Sabilla Fatmasabillafatma938@gmail.comB92219127
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahrisdyah@uinsby.ac.id2019047802
Subjects: Ekonomi
Keywords: Pendampingan; blumbang; aset; ekonomi; masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Sabilla Fatma Adzanni
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:30
Last Modified: 10 Jul 2023 07:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63295

Actions (login required)

View Item View Item