Pengaruh corporate social responsibility, leverage, ukuran perusahaan, dan insentif pajak terhadap agresivitas pajak pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI periode 2019-2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

An-Nabila, Nuriyah (2023) Pengaruh corporate social responsibility, leverage, ukuran perusahaan, dan insentif pajak terhadap agresivitas pajak pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI periode 2019-2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nuriyah An-Nabila_G02219030.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh tiap variabel yaitu Corporate Social Responsibility (CSR), leverage, ukuran perusahaan, dan insentif pajak terhadap agresivitas pajak serta untuk mengetahui variabel independen secara parsial terhadap agresivitas pajak. Jenis dari penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif asosiatif dengan data sekunder berupa annual report perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di BEI periode 2019 - 2021. Terdapat 57 sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode purposive sampling. Untuk menguji hipotesis penelitian digunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS versi 26 dalam pengelolaan datanya. Penelitian ini memiliki hasil uji bahwa variabel dari Corporate Social Responsibility, leverage dan insentif pajak berpengaruh positif secara signifikan terhadap agresivitas pajak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perusahaan khususnya di sektor pertambangan lebih agresif untuk melakukan tindakan agresivitas pajak dengan menggunakan beberapa upaya seperti pengungkapan pada nilai Corporate Social Responsibility, leverage, dan insentif pajaknya. Sedangkan untuk variabel dari ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap timbulnya tindakan agresivitas pajak. Penelitian ini memberikan saran kepada penelitian selanjutnya untuk memperluas pemilihan sektor, memperpanjang tahun pengamatan, serta disarankan agar menambahkan variabel independen yang terkait dengan timbulnya agresivitas pajak. Untuk perusahaan disarankan lebih memperhatikan faktor – faktor yang dapat mempengaruhi agresivitas pajak agar citra perusahaan tetap baik dan dapat menarik para investor untuk menanamkan modalnya. Selain itu untuk para investor agar semakin teliti dan cermat dalam memprospek perusahaan. Serta untuk pemerintah diharapkan agar selalu bijak dalam setiap menetapkan peraturan yang akan diberlakukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
An-Nabila, Nuriyahnuriyahannabila@gmail.comG02219030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAripratiwi, Ratna Anggrainiratna.anggraini@uinsby.ac.id2028058903
Subjects: Akuntansi
Pajak dan Perpajakan
Keuangan
Keywords: Corporate social responsibility; leverage; pajak; perusahaan pertambangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Nuriyah An-Nabila
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:53
Last Modified: 18 Jul 2023 02:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63496

Actions (login required)

View Item View Item