Penerapan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar manipulatif dalam pelajaran PJOK kelas II MI Islamiyah Sumberwudi Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Khoirotun (2023) Penerapan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar manipulatif dalam pelajaran PJOK kelas II MI Islamiyah Sumberwudi Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirotun Nisa'_D07219018.pdf

Download (10MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Hal tersebut dilihat dari hasil nilai rata-rata siswa pada pra siklus yaitu 64,44 dari 18 siswa. Oleh karena itu, peneliti melakukan upaya dalam meningkatkan keterampilan siswa melalui permainan bola berantai. Tujuan Penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui penerapan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar manipulatif dalam pelajaran PJOK kelas II MI Islamiyah Sumberwudi. 2) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan gerak dalam pelajaran PJOK kelas II terhadap keterampilan gerak dasar manipulatif di MI Islamiyah Sumberwudi setelah menggunakan Model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengacu pada model Kurt Lewin terdapat dua siklus meliputi empat tahapan di setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas II-A MI Islamiyah Sumberwudi Lamongan. Teknik Pengumpulan data yang digunkan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Penerapan model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dilakukan dengan baik. Hal ini terbukti dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 73,68 dan pada siklus II memperoleh nilai 96,05. hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 71,42 megalami peningkatan pada siklus II memperoleh nilai 91,07. 2) Peningkatan keterampilan siswa pada materi gerak dasar manipulatif mengalami peningkatan. Pada pra siklus memperoleh nilai rata-rata 64,44 dengan persentase ketuntasan 22,22%, kemudian siklus I memperoleh nilai rata-rata 74,44 dengan persentase ketuntasan 61,11%, dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan memperoleh nilai rata-rata 83,05 dengan persentase ketuntasan 88,88%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Khoirotunkhoirotunnisa842@gmail.comD07219018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2010097301
Subjects: Keterampilan
Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Model kooperatif; tipe Team Games Tournament (TGT); keterampilan; gerak dasar manipulatif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khoirotun Nisa'
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:30
Last Modified: 18 Jul 2023 07:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63560

Actions (login required)

View Item View Item