This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fahira, Nafis (2023) Efektivitas penggunaan multimedia interaktif berbasis game terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi sistem ekskresi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Nafis Fahira_D0A219006.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil kemampuan literasi sains siswa yang ditinjau dari indikator dimensi kompetensi pada kelas VIII di SMPN 1 Gedangan. Peneliti memberikan tes awal kepada beberapa peserta didik kelas 8. Hasil tersebut menunjukkan 65% siswa tidak dapat menjawab soal dengan benar. Hal ini diduga karena media pembelajaran yang digunakan bersifat konvensional yang menggunakan buku atau ppt yang tidak interaktif, khususnya pada materi sistem ekskresi pada manusia. Oleh karena itu peneliti ingin melakukan perbaikan pada proses pembelajaran yaitu menggunakan multimedia interaktif berbasis game yang diharapkan mampu meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan multimedia berbasis game terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi sistem ekskresi pada manusia di SMPN 1 Gedangan. Jenis penelitian ini adalah quasi ekperiment atau eksperimen semu dengan desain penelitian non-equivanlent control group desaign. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Gedangan tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster random sampling dengan jumlah kelas VIII sebanyak 9 kelas. Sampel penelitian yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan VIII D kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Independent Sampel T-Test, analisis lembar observasi, analisis lembar angket dan perhitungan nilai N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan literasi sains setelah menggunakan multimedia interkatif berbasis game. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen (56,44) lebih besar daripada kelas kontrol (40,66). Hasil output uji Independent t-test, dengan nilai (sig) sebesar 0,000 < alpha 0,05, maka H₀ ditolak artinya ada perbedaan kemampuan literasi sains siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil perhitungan rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,454 (kategori sedang), sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,297 (kategori rendah). Rata-rata hasil angket respon siswa sebesar 85% dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia interaktif berbasis game efektif terhadap kemampuan literasi sains siwa pada materi sistem ekskresi manusia di SMPN 1 Gedangan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Biologi Game Online Pendidikan > Media Pendidikan > Pembelajaran Teknologi |
||||||||||||
Keywords: | Multimedia interaktif; game; literasi sains | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA | ||||||||||||
Depositing User: | Nafis Fahira | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2023 08:18 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Jul 2023 08:18 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63787 |
Actions (login required)
View Item |