Teknik Butterfly Hug dan rasa tawakal pada anak korban KDRT di Kelurahan Kalijudan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aulia, Melza (2023) Teknik Butterfly Hug dan rasa tawakal pada anak korban KDRT di Kelurahan Kalijudan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Melza Aulia_E97219078 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang teknik Butterfly Hug dan Rasa Tawakal pada Anak Korban KDRT di Kelurahan Kalijudan, Surabaya. Dalam skripsi ini akan membahas mengenai apa saja definisi Butterfly Hug , rasa tawakal, dan KDRT. Penelitian ini mengambil dua metode terapi, yakni Butterfly Hug dan Rasa Tawakal. Teknik Butterfly Hug atau pelukan kupu-kupu sering disebutkan dalam kalimatnya adalah hipnotis mental melalui tarikan nafas. Sedangkan Rasa Tawakal yang sering disebut dengan penyujian jiwa. Butterflu Hug dan Rasa Tawakal merupakan alat untuk melakukan hipnosis dengan tujuan menyembuhkan masalah mental, pikiran, fisik. Terapi Butterfly Hug sendiri pada penelitian ini diadaptasi dari terapi Luciana Artigas dan Rekannya yaitu Ignacio Jarero. Terapi Butterfly Hug sendiri dalam aplikasinya adalah penenangan jiwa yang merupakan pengobatan Al-Ghazali, sehingga tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kedua metode terapi ini digabungkan menjadi satu apa ada efeknya atau tidak di dalam usaha untuk membuat manusia merasa tenang batin dan rohaninya. Dalam Penelitian ini bersifat Kualitatif yang berbasis pada field research atau penelitian lapangan yang bersufat individualisme. Adapun teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi,sedangkan penelitian ini menggunakan teknik Deep Breathing untuk prosesnya pola tarik napas yang terjadi saat seseorang melakukan latihan pernafasan didalam dada guna menyeimbangkan pikiran dan perbuatan psikis. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis, naratif, dan deskriptif. Metode analisis dan deskriptif dari hasil observasi yang dilakukan terhadap pada masing-masing objek. Hasil akhir pada penelitian ini menunjukkan bahwa teknik Butterfly Hug dan Rasa Tawakal ini efektif dalam penuruna tingkat Stress akibat KDRT di wilayah Kalijudan, Surabaya dengan ditunjukkan aspek-aspek yang memadai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aulia, Melzamelzaonik@gmail.comE97219078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJa'far, Suhermantosuher,anto.jafar@gmail.com2020086701
Subjects: Akhlak
Kesehatan
Kesehatan
Keywords: Butterfly Hug; rasa tawakal; KDRT
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Melza Aulia
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:39
Last Modified: 27 Jul 2023 02:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63831

Actions (login required)

View Item View Item