التحليل التقابلي بين اللغة العربية واللغة الإندونيسية على مستوى أدوات الاستفهام والاستفادة منه لترقية مهارة الكتابة لطلاب الصف العاشر بمدرسة نصر الدين الثانوية الإسلامية غرسيك

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamidah, Hilmiyatul (2023) التحليل التقابلي بين اللغة العربية واللغة الإندونيسية على مستوى أدوات الاستفهام والاستفادة منه لترقية مهارة الكتابة لطلاب الصف العاشر بمدرسة نصر الدين الثانوية الإسلامية غرسيك. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hilmiyatul Hamidah_D72219036.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam mempelajari bahasa kedua, ditemukan banyak masalah yang dihadapi oleh pembelajar bahasa. Salah satunya dipengaruhinya oleh bahasa ibu. Penelitian ini membahas tentang analisis kontrastif antara bahasa Arab dan bahasa Indonesia mengenai kata Tanya serta mengambil manfaat darinya untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apa bentuk-bentuk persamaan dan perbedaan antara bahasa Arab dan bahasa Indonesia mengenai kata tanya? 2) Apa kesulitan yang mungkin dihadapi pelajar Indonesia dalam belajar kata Tanya bahasa Arab? 3) Bagaimana mengambil manfaat dari hasil analisis kontrastif antara bahasa Arab dan bahasa Indonesia mengenai kata Tanya untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X MA Nashruddin Gresik?. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif deskriptif. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan metode dokumentasi. Sampel penelitiannya adalah seluruh siswa kelas X MA Nashruddin Gresik. Adapun hasil penelitian ini adalah: Terdapat lima persamaan dan tiga belas perbedaan antara kata Tanya dalam Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia. Manfaat dari penerapan hasil analisis ini adalah dengan melihat peningkatan pada nilai siswa, yang mana dari hasil persentase dari pre-test sebesar 55,3% meningkat pada hasil post-test yang mencapai 78,8%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamidah, Hilmiyatulhilmiyatulhamidah04@gmail.comD72219036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDimyathi, M. Afifudinafifudindimyathi@uinsby.ac.id2007057901
Thesis advisorSholehan, Sholehansholehan_tarbiyah@yahoo.com2004115901
Subjects: Bahasa Arab
Pengajaran
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Analisis kontrastif; kata tanya; manfaat; meningkatkan; keterampilan menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hilmiyatul Hamidah
Date Deposited: 28 Jul 2023 03:31
Last Modified: 28 Jul 2023 03:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63873

Actions (login required)

View Item View Item