Kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler komputer dalam mengembangkan computational thinking pada kelompok belajar kelas B di RA Masjid Al Akbar Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safa'ati, Herlinda Rizqi (2023) Kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler komputer dalam mengembangkan computational thinking pada kelompok belajar kelas B di RA Masjid Al Akbar Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Herlinda Rizqi Safa'ati_D99219047 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai mengembangkan computational thinking pada kelompok belajar kelas b melalui kegiatan ekstrakurikuler komputer, yaitu untuk mengetahui bentuk kegiatan ekstrakurikuler, tingkat kemampuan computational thinking, serta faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler komputer. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengambilan data dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk dapat mengetahui tingkat kemampuan computational thinking pada anak usia dini menggunakan data observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian ini adalah bentuk kegiatan ekstrakurikuler ini dilaksanakan satu minggu sekali dengan menggunakan metode klasikal, dengan satu ustadzah sebagai pembawa materi. Kegiatan ini diawali dengan menjelaskan materi kemudian dilanjutkan dengan penugasan. Sedangkan untuk tingkat computational thinking pada kelompok belajar RA B adalah (a) 0% dari jumlah anak berkategori computational thinking sangat rendah, (b) 2% dari jumlah anak berkategori computational thinking rendah, (c) 16% dari jumlah anak berkategori computational thinking tinggi, (d) 15% dari jumlah anak berkategori computational thinking tinggi, (e) 67% dari jumlah anak berkategori computational thinking sangat tinggi. Keberlangsungkan kegiatan ini tidak terlepas dengan adanya faktor pendukung ekstrakurikuler komputer yaitu ketersediaan perangkat komputer yang memumpuni, sedangkan untuk faktor penghambat kegiatan ekstrakurikuler ini adalah jam pelaksanaan yang dituntut untuk fleksibel.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safa'ati, Herlinda Rizqihello.herlinda@gmail.comd99219047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com/sihabudin@uinsby.ac.id2020027701
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Subjects: Anak
Keywords: Ekstrakurikuler; computational thinking; anak usia dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Unnamed user with email hello.herlinda@gmail.com
Date Deposited: 08 Aug 2023 04:54
Last Modified: 08 Aug 2023 04:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64025

Actions (login required)

View Item View Item