Ngalap berkah para peziarah Makam Sunan Ampel pasca pandemi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardani, Tasya Riyadikah Okta (2023) Ngalap berkah para peziarah Makam Sunan Ampel pasca pandemi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tasya Riyadikah Okta Wardani_A92219115 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimana keberadaan situs makam Sunan Ampel dan tata tertib bagi para peziarah? (2) Bagaimana gambaran dinamika prosesi pelaksanaan ritual peziarah makam Sunan Ampel pasca pandemi? (3) Bagaimana motivasi dan harapan para peziarah mengenai ngalap berkah di makam Sunan Ampel? Untuk menjawab permasalahan tersebut penulis menggunakan metode etnografi yaitu suatu aturan dan strategi yang tersusun dalam mengumpulkan sumber-sumber secara efektif dengan tujuan untuk memahami makna-makna dari peristiwa yang sedang terjadi disuatu masyarakat atau kelompok. Dalam metode ini menggunakan beberapa media, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam melakukan proses pengumpulan data. Serta dalam penggunaan metode etnografi ini mengunakan pendekatan fenomenologi yang dilakukan secara langsung untuk terjun ke lapangan dengan tujuan mengamati beberapa aktifitas yang berada di makam Sunan Ampel. Skripsi ini menyimpulkan bahwa pertama, menjelaskan mengenai kebedaradaan makam Sunan Ampel yang dimulai dari letak geografis, bangunan makam Sunan Ampel, serta menjelaskan mengenai sejarah kedatangan Sunan Ampel ke Jawa. Kedua, dalam bab ini dijelaskan mengenai tata cara berziarah ke makam Sunan Ampel serta adab dan doa ketika melakukan ziarah kubur. Ketiga, menjelaskan mengenai makna dari ngalap berkah di makam Sunan Ampel serta motivasi para peziarah makam Sunan Ampel.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardani, Tasya Riyadikah Oktathasyaoktaf@gmail.comA92219115
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuzaiyana, Muzaiyanamuzaiyana@uinsby.ac.id2012086901
Thesis advisorMansyur, Wasidwasid_2007@yahoo.co.id2118027401
Subjects: Agama
Ziarah Kubur
Adat
Keywords: Makam Sunan Ampel; tata cara ziarah kubur; makna ngalap berkah; motivasi peziarah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Tasya Riyadikah Okta Wardani
Date Deposited: 18 Aug 2023 02:31
Last Modified: 18 Aug 2023 02:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64386

Actions (login required)

View Item View Item