Sejarah dan perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin Balen Bojonegoro Pada Tahun 1964-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiriyah, Aimatul (2023) Sejarah dan perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin Balen Bojonegoro Pada Tahun 1964-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aimatul Khoiriyah_A02219004 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1.) Bagaimana Sejarah Yayasan Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin Balen? 2.) Perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin Balen, Kabupaten Bojonegoro pada tahun 1964 – 1975 itu? 3.) Bagaimana Kesinambungan dan Perubahan dalam Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin Balen, Kabupaten Bojonegoro pada tahun 1976-2022 itu? Untuk menjawab semua permasalahan yang telah disebutkan diatas penulis menggunakan metode penelitian sejarah, dengan menggunakan beberapa tahapan yakni diantarannya adalah : 1.) Heuristik 2.) Verifikasi 3.) Interpretasi, dan 4.) Historiografi. Selain itu penulis juga menggunakan beberapa teori dalam penelitian yang penulis ambil yakni menggunakan teori dari John Obert Voll yaitu teori perubahan dan kesinambungan. Maka dengan menggunakan teori yang telah disebutkan mempermudah penulis untuk mendeskripsikan skripsi yang penulis ambil. Skripsi ini dapat memberikan kesimpulan bahwa 1.) menjelaskan sejarah dari Yayasan Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin Balen yakni dimulai dari letak geografis pondok, latar belakang berdirinya pondok pesantren, dan visi misi dari Yayasan Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin Balen. Yayasan Pondok Pesantren ini berdiri pada tahun 1964 yang didirikan oleh seorang tokoh yang bernama Kiai Hasannadji. 2.) dalam bab ini dapat menyimpulkan mengenai tokoh yang berperan penting yakni Kiai Abdullah Hilmi Al-Djumadi khususnya beserta saudaranya, perkembangan dari periode awal, serta kegiatan yang ada di Yayasan Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin Balen. 3.) dapat menjelaskan mengenai perkembangan dan perubahan yang ada di Yayasan Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin Balen mulai dari konteks lembaga pendidikan yakni Mts Islamiyah, MA Islamiyah, dan SMK Taruna Balen, dan juga ada banyak anak pondok yakni, PPRT, Darul Hikmah beserta As-Sayiid Madrasah Karomah, ketiganya terdapat pondok putra dan putrinya. lembaga perekonomian yakni Koperasi YPPRT, BLKK, dan Peternakan, lalu terakhir faktor penghambat dan pendukung dari perkembangan yayasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiriyah, Aimatulaimatulkhoiriyah34@gmail.comA02219004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHajar, Imam Ibnuimamibnuhajar@gmail.com1968080620000031003
Thesis advisorFuad, Ahmad Nuurahmadnurfuad@yahoo.com196411111993031002
Subjects: Pendidikan > Penelitian
Penelitian

Pesantren
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Perkembangan; Yayasan Pondok Pesantren; Roudhotut Tholibin
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Khoriyah Aimatul
Date Deposited: 22 Aug 2023 07:46
Last Modified: 22 Aug 2023 07:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64484

Actions (login required)

View Item View Item