Perancangan pusat pengembangan game di Kota Surabaya dengan pendekatan arsitektur critical regionalism

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Handono, Mochammad Raflie (2023) Perancangan pusat pengembangan game di Kota Surabaya dengan pendekatan arsitektur critical regionalism. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Raflie Handono_H93219045.pdf

Download (4MB)

Abstract

Indonesia ialah negara yang kental akan budayanya, mulai dari seni tari, seni batik, dan seni Arsitektural nya, Kota Surabaya merupakan Kota terbesar ke 2 di Indonesia. Dimana merupakan kota yang padat dan mulai penuh dengan kemajuan teknologi yang cenderung terkena dampak masif dari efek globalisasi. Menurut Ungkapan tersebut menggambarkan pandangan Guru Besar Sastra UI, Riris K Toha Sarumpaet, pada tahun 2016 tentang dampak era globalisasi terhadap generasi muda di Indonesia. Era globalisasi mempengaruhi generasi muda, membuat mereka melupakan budaya lokal dan jati diri tanah air.Kondisi ini menyebabkan bangsa ini menjadi berjiwa konsumtif dan hedonis, hanya peduli pada barang-barang semata, tanpa memperhatikan bagaimana barang itu diciptakan dengan kualitas baik. Dalam dunia masyarakat millenial, Game menjadi mayoritas hobby mereka, yang di dalam industri game sendiri memiliki suatu peluang yang sangat pesat, dimana 40% total hasil penghasilan dari parekraf indonsia berasal dari game, namun hanya 4% saja yang milik asli dari indonesia. Hal tersebut yang mendasari perancangan “Pusat Pengembangan Game” berikut dengan pendekatan “Arsitektur Critical Regionalism” untuk menjawab kedua masalah makro tersebut, agar Ekosistem Game indonesia bisa saling berkumpul dalama satu tempat yang harmonis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Handono, Mochammad Raflierafliehandono@gmail.comH93219045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyari'ah, Arfianiarfianisyariah@gmail.com2027028302
Thesis advisorSuriani, Efaefasuriani@gmail.com; efasuriani@uinsby.ac.id2024027903
Subjects: Arsitektur
Teknologi
Budaya
Keywords: Budaya; globalisasi; game; arsitektur critical regionalism
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Mochammad Raflie Handono
Date Deposited: 25 Aug 2023 06:56
Last Modified: 25 Aug 2023 06:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64565

Actions (login required)

View Item View Item