Single mother pejuang ekonomi keluarga dalam tinjauan materialisme historis studi kasus di Desa Giri Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Rima Nurul (2023) Single mother pejuang ekonomi keluarga dalam tinjauan materialisme historis studi kasus di Desa Giri Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rima Nurul Hidayah_I73219060 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Menjadi single mother bukanlah hal yang mudah. Single mother dituntut untuk menjadi ibu dan juga sebagai ayah yang mencari nafkah ekonomi untuk memenui kebutuhan keluarga. Dengan segala daya dan upaya mereka lakukan dengan bekerja keras, disamping juga kewajiban mereka untuk mengurus dan mendidik anak-anaknya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah mengenai eksistensi single mother yang terdapat di Desa Giri Gresik, dan upaya yang dilakukan single mother di Desa Giri Gresik dalam pemenuha kebutuhan ekonomi keluarga. Penelitian ini menggunakan teori Materiaslisme Historis Marx sebagai alat analisis data mengenai fenomena yang terjadi dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Dan teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Eksistensi single mother di Desa Giri merupakan ibu tunggal karena kematian suaminya, dan mereka tidak memiliki keinginan untuk merubah statusnya sebagai single mother dengan menolak pinangan siapapun. (2) Single mother di Desa Giri memiliki kesadaran pendidikan yang tinggi. Keadaan sosial dalam kehidupan single mother yakni kesulitan mereka dalam mengakses pekerjaan inilah yang mendasari kesadaran pendidikan bagi anak-anaknya. Sehingga segala upaya mereka lakukan untuk menghantarkan anaknya menuju gerbang pendidikan yang tinggi. (3) Sejarah baru bagi single mother di Desa Giri sebagai gambaran wanita produktif dan mandiri dalam ekonomi menarik perhatian masyarakat dan pemerintah yang kemudian memunculkan lembaga-lembaga sosial, yakni BPS3 dan Yayasan RGP yang memberikan kebermanfaatan ekonomi bagi single mother di Desa Giri berupa bantuan-bantuan sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Rima Nurulrimaanhh@gmail.comI73219060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetiyani, Wiwikwiwiksetiyani@uinsby.ac.id2007127104
Subjects: Ekonomi
Keluarga
Wanita
Keywords: Single mother; perjuangan; ekonomi; keluarga
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Rima Nurul Hidayah
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:23
Last Modified: 06 Sep 2023 02:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64609

Actions (login required)

View Item View Item