Peran pemerintah desa dalam pengembangan UMKM pada masa pandemi covid-19: studi kasus di Desa Tanggulrejo Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munawaroh, Husnayatul (2023) Peran pemerintah desa dalam pengembangan UMKM pada masa pandemi covid-19: studi kasus di Desa Tanggulrejo Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Husnayatul Munawaroh_I01218010.pdf

Download (7MB)

Abstract

Peran pemerintah Desa Tanggulrejo dalam mengatasi dampak pandemi covid-19 pada pengembangan UMKM berjalan dengan cukup baik, pemerintah desa sudah memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM namun, adanya perubahan lingkungan, ketersediaan sumber daya dan perubahan permintaan menuntut usaha kecil, menengah dan mikro di Desa Tanggulrejo untuk terus menyesuaikan diri, sehingga masih membutuhkan dukungan pemerintah daerah. UMKM mempunyai peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia, pelaku UMKM di Desa Tanggulrejo juga turut merasakan dampak dari pandemi covid-19. Pemerintah mempunyai peranan penting untuk bisa membantu pelaku UMKM yang mengalami keterpurukan akibat pandemi covid-19. Maka dari itu, penelitian ini mengkaji permasalahan yaitu (1) Bagaimana peran Pemerintah Desa Tanggulrejo dalam mengembangkan UMKM di masa pandemi covid-19. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran pemerintah Desa Tanggulrejo dalam mengembangkan UMKM di masa pandemi. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori governance. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemerintah Desa Tanggulrejo mempunyai peran penting dalam mengembangkan UMKM, dalam hal ini pemerintah Desa Tanggulrejo telah memberikan program pelatihan kepada pelaku UMKM seperti pelatihan pemasaran, foto produk, pengelolaan keuangan dll. Selain itu, pemerintah Desa Tanggulrejo memberikan fasilitas yang berupa website desa diperuntukkan bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produknya yang terhubung langsung dengan kontak dari pelaku UMKM. Dalam melakukan perannya pemerintah desa juga tidak lepas dari pemerintah daerah sebegai kepanjangan tangan dari pemerintah pusat. pemerinrah desa sudah memebrikan ruang bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya akan tetapi, dalam pelaksanaan kegiatan tersebut masih belum mencapai hasil maksimal dikarenakan kurangnya antusias dari pelaku UMKM untuk mengikuti kegiatan pelatihan tersebut sehingga mereka masih belum bisa mengembangkan usahanya dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munawaroh, HusnayatulHusnayatulmnw@gmail.comI01218010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurhayati, Aniekaniekn@gmail.com2007096902
Subjects: Politik
Pemerintahan Legislatif
Keywords: Pemerintah desa; UMKM; masa pandemi covid-19
Depositing User: Husnayatul Munawaroh
Date Deposited: 30 Aug 2023 07:46
Last Modified: 30 Aug 2023 07:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64713

Actions (login required)

View Item View Item