Implementasi manajemen strategis dalam pengelolaan kelas homogen di Madrasah Aliyah Ma'arif Udanawu Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasiin, Durotun (2023) Implementasi manajemen strategis dalam pengelolaan kelas homogen di Madrasah Aliyah Ma'arif Udanawu Blitar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Durotun Nasiin_D93216043.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mendeskripsikan terkait implementasi manejemen strategis dalam pengelolaan kelas homogen di Madrasah Aliyah Ma’arif Udanawu Blitar. Penelitian ini mengguanakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi serta dokumentasi. Dalam proses analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini meliputi (1) analisis lingkungan dalam pengelolaan kelas homogen dilakukan melalui analisis SWOT. Hasil dari analisis lingkungan menunjukkan bahwa madrasah mampu, serta siap untuk menerapkan kelas homogen ini. (2) Dalam formulasi strategi, visi dari pengelolaan kelas homogen ini adalah mewujudkan tagline madrasah yakni kampus syar’i, sasarannya adalah memisahkan antara siswa laki-laki dan perempuan, kebijakan yang dibuat adalah membentuk rombel baru menyiapkan jadwal serta membentuk wali kelas yang sesuai dengan gender. (3) Dalam pelaksanaan strategis terbagi menjadi 3 unsur yakni program, anggaran biaya dan prosedur. program yang dibuat adalah membentuk tim pemisahan kelas, pembagian wali kelas serta denah kelas, pengendalian siswa. dalam kelas homogen ini tidak ada anggaran biaya. Untuk prosedur semuanya ada dibawah tanggung jawab waka kurikulum. (4) Evaluasi dilaksanakan 3 bulan sekali. Evaluasi lebih sering membahas tentang motivasi belajar siswa, poin siswa serta administrasi siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasiin, Durotundurotunasiin@gmail.comD93216043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Implementasi manajemen strategis; kelas homogen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Durotun Nasiin
Date Deposited: 01 Sep 2023 07:43
Last Modified: 01 Sep 2023 07:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64731

Actions (login required)

View Item View Item