Dzikir sebagai upaya menstabilkan tingkat emosional orang tua menghadapi kenakalan remaja perspektif Imam Al-Ghazali: studi kasus di Perumahan Griya Kebon Agung 1 Sukodono, Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syabila, Tia Sal (2023) Dzikir sebagai upaya menstabilkan tingkat emosional orang tua menghadapi kenakalan remaja perspektif Imam Al-Ghazali: studi kasus di Perumahan Griya Kebon Agung 1 Sukodono, Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tia Sal Syabila_E77219053.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini memfokuskan permasalahan kekosongan spiritual di masyarakat saat ini. Penulis mengeksplorasi bagaimana kemajuan sains dan rasionalisme mungkin tidak hanya untuk memenuhi keinginan manusia akan nilai transendental, dan bagaimana komponen agama yang seimbang dapat membantu mengatasi masalah ini. Penelitian ini secara khusus mendalami ilmu tasawuf, dengan memfokuskan kitab Ihya' Ulumuddin karya Imam Al-Ghazali. Penulisan ini mengambil pendekatan deskriptif kualitatif untuk menganalisis konsep-konsep yang disajikan dalam buku-buku kitab karya Imam Al-Ghazali. Ini memungkinkan untuk pemahaman yang lebih dalam tentang topik yang akan dibahas. Dan di dalam rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu dzikir apa yang sesuai dengan kitab Imam Al-Ghazali dan apa saja efek pengobatan dzikir yang diterapkan oleh para peneliti dalam emosional orang tua di Perumahan Griya Kebon Agung 1 Sukodono Sidoarjo. Tujuan penelitian ini ialah bahwasannya permasalahan yang terjadi yaitu: kecemasan tingkat emosional orang tua, kenakalan remaja yang terjadi di anak yang memasuki usia remaja, zaman modern yang seemakin canggih, kurangnya pemahaman manfaat dzikir, dan bagaimana cara orang tua mengontrol emosinya. Inilah mengapa terapi dzikir diperlukan dalam kehidupan saat ini, karena pada kenyataannya banyak orang saat ini mulai meninggalkan hal-hal duniawi atau menyembah Tuhannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syabila, Tia Saltsalsyabila@gmail.comE77219053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSahal, Muktafimuktafisahal2@gmail.com2013086001
Subjects: Doa dan Zikir
Islam dan Humanisme
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Dzikir; terapi dzikir; kenakalan remaja
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Tia Sal Syabila
Date Deposited: 01 Sep 2023 04:22
Last Modified: 01 Sep 2023 04:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64761

Actions (login required)

View Item View Item