This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sholikah, Imroatus (2023) Pengaruh model pembelajaran predict observe explain (POE) berbantuan PhET simulation terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Cerme pada materi getaran. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Imroatus Sholikah_D0A218008.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya pemahaman konsep dalam mata pelajaran IPA Terpadu siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Cerme. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa yang masih dibawah KKM. Hal ini disebabkan Proses pembelajaran masih dipusatkan pada guru. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dan memberikan inovasi model pembelajaran untuk melihat pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) berbantuan PhET Simulation terhadap pemahaman konsep siswa. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) berbantuan PhET Simulationterhadap pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperiment dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan untuk menguji masalah adalah Non-Equivalent Control Group Design. Desain penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol di SMP Muhammadiyah 7 Cerme. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan test. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis hasil observasi dan uji Independent T-test untuk hasil test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) berbantuan PhET Simulation terhadap pemahaman konsep siswa. Hal ini dibuktikan melalui hasil output data dari uji Independent T-test yang menunjukkan data posttest kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 dan data pretest diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,21 > 0,05 dengan bukti hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan nilai rata-rata .
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Motivasi Belajar |
||||||||||||
Keywords: | Model pembelajaran predict observe explain (POE); PhET simulation; pemahaman konsep siswa | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA | ||||||||||||
Depositing User: | Imroatus Sholikah | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 Sep 2023 03:02 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 Sep 2023 03:02 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64915 |
Actions (login required)
View Item |