Pengembangan media Komik Matematika (Komika) berbasis aplikasi Webtoon pada pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aliyah, Rifka Anisa Himatul (2023) Pengembangan media Komik Matematika (Komika) berbasis aplikasi Webtoon pada pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rifka Anisa Himatul Aliyah_D94219063 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilakukan sebagai respons terhadap permasalahan yang dihadapi oleh siswa kelas VII dalam pembelajaran matematika di kelas, seperti kebosanan dan rendahnya pencapaian nilai dibandingkan dengan Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah. Oleh karena itu, diperlukan ide-ide kreatif untuk menarik minat siswa dalam belajar matematika, salah satunya melalui penggunaan komik. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media komik matematika. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase penelitian pendahuluan, fase pengembangan atau pembuatan prototipe, dan fase penilaian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu catatan lapangan, teknik validasi, teknik angket respon, dan teknik tes. Selanjutnya data penelitian yang diperoleh akan dianalisis menggunakan analisi data catatan lapangan, analisis data kevalidan, dan analisis data kepraktisan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa: (1) Proses pengembangan komik matematika dengan dilakukan menggunakan metode pengembangan Plomp yaitu, : a) fase penelitian pendahuluan (preliminary research). b) fase pembuatan prototipe (prototyping research), pembuatan komik matematika, terdapat 4 tahap yaitu 1) pembuatan skenario, 2) pembuatan storyboard, 3) proses sketsa, dan 4) proeses pemberian warna, 5) pengunggahan c) fase penilaian (assessment phase). (2) Media komik matematika dinyatakan "valid" oleh validator ahli materi dan media dengan rata-rata skor kevalidan dalam sebesar 3,534. (3) Media komik matematika dinyatakan "praktis" secara praktik yaitu berdasarkan respon peserta didik yang berada dalam kriteria mendapat respon “positif” dengan skor sebesar 81,79%. (4) Media komik matematika dinyatakan efektif karena telah memenuhi dua syarat keefektifan, yaitu persentase ketuntasan hasil belajar di atas 70% dan terdapat peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa dengan nilai N-Gain sebesar 0,657 yang termasuk dalam kategori sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aliyah, Rifka Anisa Himatulrifkanisa123@gmail.comD94219063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArum, Wahyuni Fajarwahyuni.fajar.arum@uinsby.ac.id0518039002
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Komik Matematika; aplikasi Webtoon; kemampuan literasi numerasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: rifka anisa
Date Deposited: 08 Sep 2023 06:47
Last Modified: 08 Sep 2023 06:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64935

Actions (login required)

View Item View Item