Pengembangan konseling assertive training melalui buku eksplorasi untuk meningkatkan kemampuan afeksi korban bullying di Tpq Al Hidayah Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hayati, Noer (2023) Pengembangan konseling assertive training melalui buku eksplorasi untuk meningkatkan kemampuan afeksi korban bullying di Tpq Al Hidayah Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Noer Hayati_B93219138 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian pada penelitian ini adalah proses pengembangan buku dan hasil pengembangan buku eksplorasi dengan judul “Akulah Nahkodanya” sebagai media konseling dengan teknik Assertive training dalam meningkatkan kemampuan afeksi korban bullying di TPQ Al Hidayah Waru Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah R&D (research and development) dengan penyajian data kualitatif dan kuantitatif yang didapatkan melalui pengumpulan data melalui observasi, kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku eksplorasi dengan teknik Assertive training ini layak digunakan sebagai media konseling yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan afeksi pada korban bullying. Kemampuan afeksi sendiri merupakan suatu kemampuan seseorang dalam memberikan reaksi baik secara positif atau negatif pada situasi yang dihadapinya sehingga mempengaruhi sikap dan perilakunya. Sedangkan teknik Assertive training merupakan teknik konseling behavioral yang menitikberatkan pada permasalahan seperti mengalami kesulitan dalam menyatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan apa yang dirasakannya. Selain itu, Corey juga menyatakan salah satu tujuan Assertive training yaitu untuk membantu individu yang memiliki kesulitan dalam mengungkapkan afeksi dan respon positif lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hayati, NoerB93219138@student.uinsby.ac.idB93219138
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Anak
Bimbingan Konseling
Perilaku
Keywords: Buku eksplorasi; afeksi; assertive training;; bullying; TPQ
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Noer Hayati
Date Deposited: 12 Sep 2023 04:39
Last Modified: 12 Sep 2023 04:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64974

Actions (login required)

View Item View Item