Pengorganisasian masyarakat lanjut usia (LANSIA) dalam menerapkan pola hidup sehat di Dusun Klegen Desa Talok Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahro', Izun Azifatuz (2023) Pengorganisasian masyarakat lanjut usia (LANSIA) dalam menerapkan pola hidup sehat di Dusun Klegen Desa Talok Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Izun Azifatuz Zahro'_B92219100 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengorganisasian masyarakat lanjut usia yang ada di dusun Klegen untuk meningkatkan kualitas kesehatan yang dialami oleh masyarakat. Permasalahan terkait kesehatan yang dialami oleh masyarakat di dusun Klegen terdapat berbagai kegiatan-kegiatan untuk meminimalisir jumlah penderita penyakit dan mencegah timbulnya penyakit pada masyarakat khususnya Masyarakat yang lansia. Penyebab permasalahan tersebut yaitu kurangnya kesadaran dari masyarakat terkait pola hidup sehat dan makanan yang dikonsumsi masyarakat kurang baik untuk Kesehatan mereka. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi kesehatan masyarakat di dusun Klegen dan strategi pengorganisasian yang dilakukan untuk masyarakat lansia dalam menerapkan pola hidup sehat serta untuk mengetahui hasil dari proses pengorganisasian yang sudah dilakukan. Peneliti menggunakan metode PAR (Participatory Action Research) dalam proses penelitian ini. Tahap awal yang dilakukan yaitu membangun kepercayaan kepada masyarakat, tahap kedua yaitu berdiskusi dengan masyarakat untuk menentukan strategi pengorganisasian, tahap selanjutnya yaitu perencanaan aksi perubahan bersama masyarakat sampai tahap evaluasi dan refleksi. Peneliti akan belajar dan bekerja bersama masyarakat dalam melakukan perubahan menjadi lebih baik untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di dusun Klegen serta dapat meningkatkan pengetahuan Masyarakat tentang pola hidup sehat sehingga mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Strategi yang digunakan oleh peneliti bersama masyarakat dalam proses kegiatan pengorganisasian Masyarakat adalah (1) Mengadakan penyuluhan kepada masyarakat lansia tentang pola hidup sehat, (2) Melakukan penanaman sayuran menggunakan media polybag, (3) Mengadakan kegiatan rutin senam jantung sehat lansia, (4) Membentuk kelompok lansia sehat di dusun Klegen, (5) rutin melakukan periksa kesehatan dalam kegiatan posyandu lansia maupun POSBINDU di Balai Desa, (6) Membuat makanan sehat sup telur bagi lansia, (7) Advokasi kepada pemerintah desa. Hasil dari penelitian proses pengorganisasian ini adalah masyarakat lansia mampu menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari melalui kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan bersama masyarakat. Dengan adanya kegiatan tersebut terdapat perubahan yang terjadi pada masyarakat yaitu masyarakat sudah mengetahui tentang pola hidup sehat pada lansia, memahami tentang manfaat menanam dan mengkonsumsi sayuran bagi kesehatan, melakukan kegiatan rutin senam jantung sehat, mengikuti kegiatan rutin posyandu lansia yang diadakan satu bulan sekali di balai dusun Klegen. Selain itu, terdapat kelompok lansia sehat yang akan menjadi wadah bagi masyarakat untuk menuju perubahan yang lebih baik lagi sehingga dapat meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat di dusun Klegen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahro', Izun Azifatuzizunazif33@gmail.comB92219100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Pengorganisasian; penanaman sayuran; kesehatan masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Izun Azifatuz Zahro'
Date Deposited: 24 Sep 2023 14:34
Last Modified: 24 Sep 2023 14:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65425

Actions (login required)

View Item View Item