Pengaruh belanja hibah dan belanja bantuan sosial terhadap indeks pembangunan manusia : studi kasus kabupaten/kota di Jawa Timur 2016-2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Astuti, Setyani Agung Dwi (2021) Pengaruh belanja hibah dan belanja bantuan sosial terhadap indeks pembangunan manusia : studi kasus kabupaten/kota di Jawa Timur 2016-2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Setyani Agung Dwi Astuti_G01217021 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia yaitu mengalokasikan anggaran belanja, karena pengeluaran belanja pemerintah penghubung urusan publik. Pengalokasikan anggaran harus memperhatikan kemampuan anggaran keuangannya. Diharapkan bantuan yang diberikan dapat berdampak secara langsung kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif deskriptif dengan ekonometrika yaitu menggunakan analisis regresi dengan data panel. Sampel yang digunakan pada 38 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur tahun 2016-2020. Pengumpulan data menggunakan data sekunder yang dapat diperoleh Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementrian Indonesia dan Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial (uji t), dengan nilai probabilitas > 0,05, sehingga variabel belanja hibah berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap indeks pembangunan manusia yaitu belanja hibah (X1) = 0.5049, sedangkan belanja bantuan sosial secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap indeks pembangunan manusia yaiitu (X2) = 0.9331. Berdasarkan dari hasil penelitian diharapkan pemerintah mampu mengoptimalkan alokasi belanja hibah dan belanja bantuan sosial secara langsung untuk meningkatkan kesejaheraan masyarakat melalui pengalokasian anggaran yang dapat berdampak berjangka panjang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Astuti, Setyani Agung Dwisetyaniagung@gmail.comG01217021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKafabih, Abdullahkaafabih@gmail.com199108072019031006
Subjects: Ekonomi
Keywords: Belanja hibah; belanja bantuan sosial; indeks pembangunan manusia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Setyani Agung Dwi Astuti
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:07
Last Modified: 29 Sep 2023 03:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65598

Actions (login required)

View Item View Item