Pengaruh konten marketing dan influencer terhadap keputusan pembelian pada konten tren #racuntiktok dengan persepsi kemanfaatan sebagai variabel intervening

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Swasti, Megi (2023) Pengaruh konten marketing dan influencer terhadap keputusan pembelian pada konten tren #racuntiktok dengan persepsi kemanfaatan sebagai variabel intervening. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Megi Swasti_G73219041.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perilaku konsumen dapat memberikan penjelasan terkait kebutuhan konsumen, alasan dan faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Keputusan pembelian merupakan salah satu topik yang menarik dan relevan untuk diteliti karena menjadi faktor penentu keinginan dan perilaku konsumen yang paling dasar dalam memutuskan pembelian. TikTok menjadi aplikasi yang digemari oleh generasi Z. TikTok adalah platform yang memfasilitasi interaksi pengguna dengan kreativitas dalam konten video berdurasi pendek disertai penggunaan hashtag yang sedang tren seperti #racunTikTok. Adanya konten marketing disertai hashtag ini berisikan ulasan produk dengan menyertakan #racunTikTok sehingga menimbulkan perilaku konsumen dalam memutuskan pembelian setelah melihat konten tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis terkait bagaimana pengaruh keputusan pembelian konsumen melalui persepsi kemanfaatan pada pengguna aplikasi TikTok generasi Z di Surabaya dengan menyikapi adanya konten marketing dan influencer pada konten tren #racunTikTok. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah pengguna aplikasi TikTok generasi Z di Surabaya sebanyak 384 responden yang diperoleh dengan metode random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan teknik analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa konten marketing tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada konten tren #racunTikTok, Influencer dan Persepsi kemanfaatan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, konten marketing dan influencer berpengaruh terhadap persepsi kemanfaatan, konten marketing dan influencer berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui persepsi kemanfaatan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Swasti, Megiswastimegi@gmail.comG73219041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAhsan, Muhamadm.ahsan@uinsby.ac.id2021066802
Thesis advisorMaghfiroh, Rahma Ulfarahma.ulfa@uinsby.ac.id2013128602
Subjects: Manajemen
Pemasaran
Konsumen
Keywords: Konten marketing; influencer; persepsi kemanfaatan; keputusan pembelian; racunTikTok
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Megi Swasti
Date Deposited: 29 Sep 2023 06:28
Last Modified: 29 Sep 2023 06:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65638

Actions (login required)

View Item View Item