Strategi pengelolaan partisipasi remaja masjid babussalam Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhammad, Shokhibuddin (2023) Strategi pengelolaan partisipasi remaja masjid babussalam Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Muhammad Shokhibuddin_B04219023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Partisipasi mengandung makna keikutsertaan, peran serta keterlibatan seseorang pada suatu kelompok sosial yang berkaitan dengan tujuan bersama serta tanggung jawab terhadap kegiatan yang dilaksanakan. Penelitian ini membahas mengenai strategi pengelolaan partisipasi remaja masjid yang disandingkan dengan remaja yang terjadi di Masjid Babussalam Desa Kureksari Dusun Alang – Alang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan partisipasi remaja masjid dan kendala partisipasi remaja masjid. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dan juga menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi serta dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dari transkrip data, kategorisasi topik pembahasan, dan analisis data. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwasannya remaja hanya berpartisipasi semampu dan sebisanya bahkan dapat dibilang jarang sekali dan hanya orang itu-itu saja yang berpartisipasi, tidak semua remaja berpartisipasi dan juga adanya beberapa kendala seperti kurangnya kesadaran diri dari remaja, pendekatan dan komunikasi antara pengurus takmir dengan remaja maupun sesama remaja serta kesibukan remaja seperti pekerjaan dan pendidikan yang menyebabkan partisipasi remaja tersebut tidak berjalan dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhammad, Shokhibuddinmuhammadshokhibuddin10@gmail.comB04219023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorH. Mufti, LabibUNSPECIFIED196401021999031001
Subjects: Dakwah
Manajemen Dakwah
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: partisipasi remaja masjid, kesadaran diri remaja, remaja masjid
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Muhammad Shokhibuddin
Date Deposited: 05 Oct 2023 05:37
Last Modified: 05 Oct 2023 05:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65728

Actions (login required)

View Item View Item