Pemberdayaan ekonomi komunitas sekar arum melalui inovasi pembuatan kerajinan tangan di Women’s Crisis Center Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Astyza, Bernida (2023) Pemberdayaan ekonomi komunitas sekar arum melalui inovasi pembuatan kerajinan tangan di Women’s Crisis Center Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bernida Astyza_B72219058.pdf

Download (4MB)

Abstract

Peneliti membahas tentang strategi unruk meningkatkan perekonomian ibu-ibu komunitas Sekar Arum melalui inovasi pembuatan kerajinan tangan. Komunitas Sekara Arum merupakan adalah komunitas naungan WCC (Women’s Crisis Center) yang berada di kabupaten jombang. Komunitas ini beranggotakan perempuan-perempuan survivor KDRT mereka semua memiliki pengalaman yang sangat banyak dan pengetahuan tentang lingkup rumah tangga. Dalam komunitas ini terdapat program ketrampilan akan tetapi tidak berjalan, dengan memanfaatkan aset potensi ibu-ibu Sekar Arum. Tujuan penelitian ini demi untuk meningkatkan perekonomian dengan melaksanakan program pembuatan kerajinan tangan berupa buket snack. Penelitian ini menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development ) dengan subjek penenliti yaitu komunitas Sekar Arum yang belajar seluruh pembuatan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah FGD dan Trend and Change untuk mengetahui perubahan yang terjadi sebelum dan sesudah dilakukannya aksi perubahan. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1). Strategi pemberdayaan ekonomi ibu-ibu PKK melalui inovasi pembuatan kerajinan tangan. (2). Pendampingan pembuatan keterampilan kerajinan tangan berupa buket snack hingga proses pemasaran. Melalui program tersebut hasil dampingan yang dilakukan membawa sebuah perubahan terhadap ibu-ibu Komiunitas Sekar Arum untuk dapat membantu menambah pendapatan keluarga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Astyza, Bernidaberrndastyza@gmail.comB72219058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Pudjirahmawatipudji@yahoo.co.id2025036703
Subjects: Ekonomi
Pemberdayaan
Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Keywords: Pemberdayaan; pemberdayaan kesejahteraan keluarga; meningkatkan perekonomian
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Bernida Astyza
Date Deposited: 10 Oct 2023 05:25
Last Modified: 10 Oct 2023 05:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65924

Actions (login required)

View Item View Item