Peran musyrifah asrama dalam perubahan perilaku sosial santriwati baru Pondok Pesantren Nurul Islam Desa Panggreman Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidiyah, Khofifah (2023) Peran musyrifah asrama dalam perubahan perilaku sosial santriwati baru Pondok Pesantren Nurul Islam Desa Panggreman Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khofifah Maulidiyah _I73219051.pdf

Download (3MB)

Abstract

Peran Musyrifah Asrama di dalam Pondok Pesantren Nurul Islam menghasilkan pengetahuan akademis dan religius. Didalam implementasi pendidikan non-formal sehari-hari menerapkan peratutan yang harus di patuhi. Musyrifah Asrama memiliki tangunggjawab dalam membimbing santriwati baru dimulai dari perilaku, hingga cara berpakaian yang baik dan sopan. Pembentukan karakter Santriwati ini di dalam pondok pesantren ini memiliki nilai fungsional dan sangat bemanfaat bagi para individu santriwati baru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, mengenai teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara disertai dengan dokumentasi. Teori yang di gunakan oleh peneliti adalah Struktural Fungsional Talcot Parsons dengan pendekatan konsep AGIL (Adaptation, Goal Attention, Integrasi, Latensi).Perubahan perilaku sosial santriwati sudah menjadi tanggung jawab pengurus Musyrifah Asrama pondok pesantren Nurul Islam. Faktor perubahan perilaku sosial santriwati baru menjadi disiplin, perubahan sikap merupakan usaha serta dorongan sukses dari pendidik dan pembimbing. Tantangan dan kendala dalam proses perubahan perilaku sosial sosial santriwati baru ini menjadi kendala bagi para Musyrifah Asrama untuk mengubah perilaku ada dua. Kendala internal meliputi naluri, kebiasaan, warisan genetik, dan keras kepala. Sedangkan kendala eksternal meliputi pergaulan dan pengaruh keluarga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidiyah, Khofifahmaukhofifah13@gmail.comI73219051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, Muchammadmuhammad.ismail@uinsby.ac.id2003058001
Subjects: Pesantren
Perilaku
Santri
Keywords: Peran musyrifah asrama; perubahan perilaku sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: KHOFIFAH MAULIDIYAH
Date Deposited: 12 Oct 2023 01:21
Last Modified: 12 Oct 2023 01:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65958

Actions (login required)

View Item View Item