Pendampingan kader posyandu melalui budidaya tanaman obat keluarga di Dusun Tulung Desa Rayung Kecamatan Senori Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Choirunnisa, Illa (2023) Pendampingan kader posyandu melalui budidaya tanaman obat keluarga di Dusun Tulung Desa Rayung Kecamatan Senori Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Illa Choirunnisa_B92219098.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga pola hidup sehat pada usia produktif (rentan usia 36-45 tahun), melalui pembudidayaan tanaman obat keluarga (toga) beserta cara pemanfaatannya menjadi obat. Dengan membudidayakan toga, masyarakat telah memperbaiki kualitas kesehatannya dikarenakan toga ini memiliki kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian PAR (Participatory Action Research), yaitu metode penelitian yang bertumpu pada keterlibatan dan tindakan masyarakat dalam melakukan perubahan sosial ke arah yang lebih baik. Tahapan proses pendampingan yang peneliti lakukan dari awal hingga akhir, berupa penelitian awal, inkulturasi, transek, pemetaan partisipatif, wawancara, dan FGD bersama masyarakat sampai terlaksananya tindakan aksi. Penelitian ini berfokus pada proses pendampingan yang mendorong keterlibatan masyarakat dalam memperbaiki kualitas kesehatan melalui edukasi pola hidup sehat dan budidaya toga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya partisipasi dan minat masyarakat melakukan penanaman toga dan munculnya kesadaran dalam menerapkan pola hidup sehat, setelah sebelumnya belum pernah diselenggarakan edukasi dan praktik budidaya toga. Upaya masyarakat dalam mengembangkan diri menjadi lebih kuat ketika sudah memiliki pengetahuan dan pengalaman, yang dibuktikan dengan sikap waspada dan ketertarikan untuk melakukan suatu tindakan yang dipandang sebagai solusi alternatif dalam penyelesaian permasalahan sosial yang dihadapi oleh masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Choirunnisa, Illachirunnisa05@gmail.coomB92219098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Pengobatan Tradisional
Keywords: Pola hidup sehat; budidaya toga; proses pendampingan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Illa Choirunnisa
Date Deposited: 16 Oct 2023 04:24
Last Modified: 16 Oct 2023 04:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66106

Actions (login required)

View Item View Item