Analisis kemampuan fiskal daerah Kabupaten Sidoarjo tahun 2017-2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Angelina, Mega Asriyanti Putri (2023) Analisis kemampuan fiskal daerah Kabupaten Sidoarjo tahun 2017-2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mega Asriyanti Putri Angelina_G91219083.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Kemampuan Fiskal Daerah Kabupaten Sidoarjo Tahun 2017-2021” ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan fiskal daerah Kabupaten Sidoarjo. Sekaligus menjawab pertanyaan tentang bagaimana tingkat derajat desentralisasi fiskal, tingkat rasio kemandirian keuangan daerah pemerintah Kabupaten Sidoarjo tahun anggaran 2017-2021 dan bagaimana tingkat efisiensi dan tingkat efektivitas keuangan daerah pemerintah Kabupaten Sidoarjo tahun anggaran 2017-2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan ialah data sekunder yang berasal dari situs web Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Sidoarjo. Peneliti mengumpulkan data dengan cara dokumentasi yang berasal dari tulisan, transkrip, buku, jurnal, dan data yang berasal dari situs web lembaga pemerintah serta data data lainnya yang memiliki keterkaitan dengan masalah penelitian. Teknik analisis data menggunakan rasio keuangan, berupa rasio derajat desentralisasi fiskal, rasio kemandirian keuangan daerah., rasio efisiensi dan rasio efektivitas.Hasil penelitian ini ialah jika dilihat dari tingkat derajat desentralisasi fiskal menunjukkan bahwa keuangan daerah pemerintah Kabupaten Sidoarjo Tahun Anggaran 2017-2021 tergolong baik , karena rasio derajat desentralisasi fiskal berada antara 40,01-50,00% yakni berada pada nilai rata-rata 40,92%. Ditinjau dari rasio kemandirian keuangan daerah berada pada kategori partisipatif. Hal ini dikarenakan nilai rata-rata sebesar 72,40%. Sedangkan bila ditinjau dari tingkat efisiensi tergolong cukup efisien karena berada antara 80-90%. Ditinjau dari tingkat efektivitas masuk pada kategori sangat efektif dalam pengelolaan realisasi pendapatan Kabupaten Sidoarjo karena rata-rata berada pada nilai maksimum rasio efektivitas yaitu diatas 100%.Berdasarkan hasil dari keseluruhan penelitian diharapkan pemerintah Kabupaten Sidoarjo terus berupayah mempertahankan serta meningkatkan pengelolaan dari semua indikator penilaian dalam kemampuan fiskal daerah. Dan Masyarakat diharapkan aktif kontrol menjadi pemantau dan menilai pemerintah daerah agar tidak melenceng dari nilai-nilai otonomi daerah, serta bagi peneliti selanjutnya yang melakukan penelitian dengan tema yang sama diharapkan lebih memperdalam lagi dalam menelaah serta dapat menambahkan rasio lainnya, sehingga dapat menunjang hasil penelitian yang baik dalam menggambarkan kondisi kemampuan fiskal daerah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Angelina, Mega Asriyanti Putrimegaasriyantiputriangelina@gmail.comG91219083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Hapari Wijihapsari.wiji@uin.sby.aca.id2108038604
Subjects: Administrasi
Ekonomi
Keuangan
Keywords: Kemampuan fiskal daerah; derajat desentralisasi Fiskal; kemandirian; keuangan daerah; efisiensi; efektivitas
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: mega asriyanti putri angelina
Date Deposited: 23 Oct 2023 05:45
Last Modified: 23 Oct 2023 05:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66222

Actions (login required)

View Item View Item