This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rusydi, M. Ilham (2023) Implementasi metode bil qolam dalam kemampuan menghafal al Qur’an santri: studi komparasi di Pesantren al Amanah dan di Pesantren al Qadr Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
M. Ilham Rusydi_02040821016.pdf Download (1MB) |
|
Text
M. Ilham Rusydi_02040821016_Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Menghafalkan al-Qur’an merupakan salah satu bentuk interaksi umat Islam dengan al-Qur’an yang telah berlangsung secara turun- menurun. Hal itu terjadi sejak al-Qur’an pertama kali turun kepada Nabi Muhammad SAW. hingga sekarang dan masa yang akan datang. Salah satu upaya terpenting diperhatikan dalam pembinaan tahfizh al-Qur’an adalah metode. Sebab metode mempunyai peranan penting dan sangat dibutuhkan. Dengan adanya metode akan bisa membantu seseorang untuk menentukan keberhasilan menghafal al-Qur’an dan meningkatkan hafalannya secara terprogram. Penelitian ini bersifat kualitatif menggunakan pendekatan fenomonologi dan interaksi simbolik. Penelitian ini dilakukan di pondok pesantren al-Amanah Junwangi Sidoarjo dan di pesantren Tahfidz Qur’an al-Qadr Sidoarjo. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kondensasi data, penyajian data dan, penarikan kesimpulan atau verifikasi Penerapan metode bil qolam di pesantren al-Amanah pada kelas 7 wajib melakukan bin nadzar hingga khatam untuk melihat kemampuan santri sebelum masuk proses setoran hafalan dan setelah khatam barulah memulai setoran hafalan dari juz 30 lalu juz 1 hingga seterusnya. Kemampuan menghafal santri di pesantren al-Amanah menyimpulkan bahwa kebanyakan kelas 7 menghasilkan nilai yang sangat baik karena sistemnya wajib melihat al-qur’an bukan menghafalkan al-qur’an sedangkan di kelas 8 dan kelas 9 menghasilkan nilai dengan kategori baik. Sedangkan kemampuan menghafal al-Qur’an di pesantren al-Qadr menyimpulkan bahwa di kelas tahasus atau kelas yang mempunyai hafalan juz yang banyak menghasilkan nilai yang sangat baik karena telah mendapat pengalaman dari sebelum kelas-kelas lainnya, sedangkan di kelas lainnya mendapatkan hasil yang baik untuk kemampuan dalam menghafal al-qur’an.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Al Qur'an > Amsal - al Quran Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem |
||||||||||||
Keywords: | Studi komparasi; metode bil qolam; kemampuan menghafal | ||||||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | muhammad ilham rusydi | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Nov 2023 07:11 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 Nov 2023 03:22 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66331 |
Actions (login required)
View Item |