Pengaruh kemampuan menghafal al-Qur'an dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa kelas X program tahfidz Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi Nur, Annisa Aliyan (2023) Pengaruh kemampuan menghafal al-Qur'an dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa kelas X program tahfidz Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Nur Annisa Aliyan_02040820015.pdf

Download (6MB)

Abstract

Dilatar belakangi dengan prestasi belajar yang baik dari siswa program tahfidh Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk. Hal tersebut dibuktikan dengan raihan beberapa prestasi akademik maupun non akademik dari kelas program tahfidh yang notabene semua siswa menghafal Alquran. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat pengaruh antara kemampuan menghafal Alquran terhadap prestasi belajar siswa kelas X program tahfidh Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk?, (2)Apakah terdapat pengaruh antara motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa kelas X program tahfidh Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk?, (3) Apakah terdapat pengaruh kemampuan menghafal Alquran dan motivasi berprestasi secara simultan terhadap prestasi belajar siswa kelas X program tahfidh Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk?, (4) Apakah terdapat hubungan antara kemampuan menghafal Alquran dengan motivasi berprestasi siswa kelas X program tahfidh Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian korelasi. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian: (1) Variabel kemampuan menghafal Alquran berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar secara masing-masing atau parsial. Dibuktikan dengan nilai sig. untuk pengaruh kemampuan menghafal Alquran terhadap prestasi belajar adalah sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai thitung 4,973 > 2,048, (2) Variabel motivasi berprestasi memberikan pengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar secara masing-masing atau parsial. Dibuktikan dengan nilai sig untuk pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 2,113 > 2,048, (3) Variabel kemampuan menghafal Alquran dan motivasi berprestasi berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar secara simultan. Dibuktikan dengan hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung 4,517 > 3,32. (4) Variabel kemampuan menghafal Al-Quran tidak berhubungan terhadap motivasi berprestasi. Dibuktikan dengan hasil uji korelasi sebesar 0,258 dengan rtabel 0,355.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi Nur, Annisa Aliyanannisaaliyan991@gmail.com02040820015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDamanhuri, Damanhuridamanhuri@mail.com2010045302
Thesis advisorSuryani, Suryanitaqi_77@yahoo.com2012087701
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Al Qur'an
Keywords: Kemampuan menghafal al-Quran; motivasi berprestasi; prestasi belajar
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aliyan Dewi Nur Annisa
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:21
Last Modified: 21 Nov 2023 02:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66529

Actions (login required)

View Item View Item